Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat IWO Tebo Beri Materi Sosialisasi Pilkada Yang Efektif Kepada PPK se Kabupaten Tebo

Home / Berita / Islami

Kamis, 25 Mei 2023 - 22:47 WIB

25 Nama – Nama Nabi Beserta Mukjizat nya..!!!

Nama-nama nabi dan rasul beserta mukjizatnya perlu diketahui dan diimani oleh umat Islam sebab beriman kepada para nabi dan rasul termasuk rukun iman yang keempat.

Mengutip dari buku Mengenal Rukun Iman dan Islam karya A. Miftahul Basar, telah disebut dalam sebuah hadits bahwa rasul-rasul Allah SWT berjumlah sekitar 300 sampai 319. Hal ini dikatakan Rasulullah SAW ketika beliau ditanya tentang berapa jumlah rasul kemudian mengatakan, “Tiga ratus lima belas banyaknya.” (HR Hakim).

Sedangkan jumlah nabi dikatakan lebih banyak dari itu. Di antaranya ada yang dikisahkan Allah SWT dalam Al-Qur’an dan ada pula yang tidak dikisahkan. Allah SWT berfirman dalam surat An-Nisa ayat 164 yang bunyinya:

وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنَٰهُمْ عَلَيْكَ مِن قَبْلُ وَرُسُلًا لَّمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ۚ وَكَلَّمَ ٱللَّهُ مُوسَىٰ تَكْلِيمًا

Artinya: “Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.” (QS An-Nisa: 164).

25 Nama-nama nabi dan rasul menjadi di antaranya yang wajib umat muslim ketahui. Dilansir dari buku Menengok Kisah 25 Nabi & Rasul karya Ahmad Fatih, berikut di antara nama-nama nabi dan rasul beserta mukjizatnya.

Nama-nama Nabi dan Rasul Beserta Mukjizatnya

1. Nabi Adam AS

Nabi Adam AS adalah nabi pertama sekaligus manusia pertama yang Allah SWT ciptakan. Beberapa mukjizatnya, yaitu menjadi khalifah pertama di bumi, memiliki umur yang panjang, memiliki tinggi 60 hasta, dan dikaruniai keturunan kembar berpasang-pasangan.

2. Nabi Idris AS

Nabi Idris AS adalah keturunan ke-6 Nabi Adam yang terkenal dengan kecerdasannya. Ia memiliki mukjizat di antaranya menjadi manusia pertama yang bisa membaca dan menulis, manusia pertama yang bisa menjahit pakaian, pernah merasakan sakaratul maut dan dihidupkan kembali atas izin Allah SWT, serta beliau pernah melihat surga dan neraka.

3. Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS adalah nabi yang termasuk dalam golongan Ulul Azmi, yakni memiliki cobaan yang berat tetapi mampu menghadapinya dengan kesabaran yang luar biasa. Selama berdakwah, beliau menerima banyak tantangan dan penolakan, bahkan dari anak dan istrinya menganggapnya gila.

Namun, Nabi Nuh mendapatkan mukjizat berupa kemampuan membuat bahtera/perahu dengan ukuran panjang 300 hasta dan 50 hasta. Ketika kaumnya yang zalim dibinasakan Allah SWT dalam banjir besar, manusia maupun binatang yang berada di perahu tersebut selamat dari banjir.

4. Nabi Hud AS

Nabi Hud AS diutus oleh Allah SWt bagi kaum ‘Ad, yaitu kaum yang ahli membuat menara tetapi senang melakukan kemaksiatan dan menghamburkan harta dengan sia-sia. Selama berdakwa, Nabi Hud justru menerima banyak rasa iri dan dengki dari kaum ‘Ad.

Mukjizat Nabi Hud antara lain beliau mampu menurunkan hujan atas izin Allah SWT dan selamat dari badai petir yang dahsyat.

BACA JUGA :  Kapolres Tebo Gelar Jum'at Curhat Di Ponpes Babussalam

5. Nabi Shaleh AS

Nabi Shaleh AS diutus kepada kaum Tsamud yang merupakan keturunan kaum ‘Ad. Salah satu mukjizat beliau yaitu mampu memunculkan unta betina yang hamil 10 bulan dari batu besar yang terbelah.

6. Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim As merupakan rasul Ulul Azmi kedua setelah Nabi Nuh. Beliau memiliki mukjizat tetap hidup meskipun dibakar dengan api. Ia pernah memperoleh hukuman dibakar hidup-hidup setelah menghancurkan berhala dan tidak mengakui Raja Namrud sebagai Tuhan.

7. Nabi Luth AS

Nabi Luth AS adalah keponakan Nabi Ibrahim yang diutus Allah SWT untuk kaum Sodom yang memiliki perilaku seks menyimpang. Beliau diselamatkan Allah SWT dari bencana gempa bumi yang menelan negeri Sadum.

8. Nabi Ismail AS

Nabi Ismail AS merupakan anak Nabi Ibrahim yang pernah mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk disembelih ayahnya sendiri. Ketika hendak disembelih, Allah SWT menukar Nabi Ismail dengan domba. Peristiwa itu menjadi awal mula qurban pada Hari Raya Idul Adha.

9. Nabi Ishaq AS

Nabi Ishaq AS adalah anak dari Nabi Ibrahim dengan Sarah yang lahir 14 tahun setelah Nabi Ismail. Dikisahkan dalam Al-Qur’an, Nabi Ishaq merupakan hamba yang memiliki ilmu, akhlak, dan perbuatan yang baik.

10. Nabi Yakub AS

Nabi Yakub AS merupakan anak dari Nabi Ishaq yang digambarkan sebagai sosok yang memiliki karakter kuat dan keimanan luar biasa. Sebelum wafat, beliau berwasiat kepada para putranya untuk tetap menjalankan perintah Allah SWT.

11. Nabi Yusuf AS

Nabi Yusuf AS merupakan anak Nabi Yakub. Ia pernah bermimpi bulan, matahari, dan bintang bersujud kepadanya. Nabi Yusuf memiliki mukjizat berupa parasnya yang tampan dan mampu menafsirkan mimpi.

12. Nabi Ayyub AS

Nabi Ayyub AS merupakan Nabi yang memiliki harta, keturunan, dan berakhlak mulia. Namun, Allah SWT menguji Nabi Ayyub dengan cobaan yang berat, berupa kehilangan harta, anak-anaknya, dan menderita penyakit kulit. Mukjizat beliau berupa memiliki kesabaran yang luar biasa dan mampu mengeluarkan air dari tanah yang bisa menyembuhkan penyakitnya.

13. Nabi Syu’aib AS

Nabi Syu’aib AS diutus Allah SWT kepada kaum Madyan, kaum yang suka menipu dan membangkang. Kaumnya yang tetap ingkar kemudian diberikan ujian oleh Allah SWT berupa badai panas, mendatangkan awan hitam, hingga gempa bumi yang membinasakan.

14. Nabi Musa AS

Nabi Musa AS merupakan nabi yang memerangi Raja Firaun. Beliau memimpin Bani Israil agar menyembah Allah SWT. Nabi Musa juga memiliki mukjizat, di antaranya mampu menghidupkan orang mati, memiliki tongkat yang bisa berubah menjadi ular, dan mampu membelah laut Merah.

15. Nabi Harun AS

Nabi Harun AS adalah kakak Nabi Musa yang selalu mendampinginya, termasuk ketika dikejar oleh Firaun. Beliau dikaruniai kepandaian dalam berbicara dan berdebat.

BACA JUGA :  Jelang Pemilu 2024, Polres Kerinci Gelar Pengamanan Kantor Bawaslu Kabupaten Kerinci

16. Nabi Zulkifli AS

Nabi Zulkifli merupakan anak satu-satunya Nabi Ayyub yang selamat dari reruntuhan rumah.

17. Nabi Daud AS

Nabi Daud AS mendapatkan mukjizat dari Allah SWT berupa kitab Zabur. Beliau juga mampu berkomunikasi dengan burung, memiliki suara merdu dan bisa melunakkan besi dengan tangan kosong.

18. Nabi Sulaiman AS

Nabi Sulaiman AS dikenal sebagai raja yang kaya raya. Mukjizat yang beliau dapatkan, yaitu bisa berbicara dengan binatang serta memiliki bala tentara dari kalangan manusia, jin, dan hewan.

19. Nabi Ilyas AS

Nabi Ilyas AS diutus oleh Allah SWT bagi kaum Bani Israil yang gemar menyembah patung bernama Ba’al. Meski telah menerima dakwahnya, kaum Bani Israil yang menyembah patung tetap ingkar hingga Allah SWT menurunkan azab berupa kekeringan yang panjang.

20. Nabi Ilyasa AS

Nabi Ilyasa adalah anak angkat dari Nabi Ilyas yang diberi tugas untuk melanjutkan dakwahnya bagi Bani Israil. Salah satu mukjizat yang ia terima, yaitu mampu menghidupkan orang mati atas izin Allah SWT.

21. Nabi Yunus AS

Nabi Yunus adalah nabi yang pernah ditelan oleh ikan paus. Namun, ia mendapatkan mukjizat tetap hidup karena meminta ampun dan terus berdoa kepada Allah SWT hingga berhasil keluar dan perut ikan tersebut.

22. Nabi Zakaria AS

Nabi Zakaria AS merupakan keturunan Nabi Daud dan Nabi Sulaiman. Menurut beberapa riwayat, beliau memiliki sikap yang rendah hati dan selalu bersyukur kepada Allah SWT. Seperti Nabi Ibrahim, Nabi Zakaria juga mendapat keturunan saat usianya tak lagi muda.

23. Nabi Yahya AS

Nabi Yahya AS adalah putra Nabi Zakaria yang disebut sebagai salah satu orang yang terhormat dan suci. Allah SWT menganugerahi Nabi Yahya dengan kemampuan untuk mengetahui syariat. Sejak kecil, beliau sudah bisa memutuskan perkara dan mencari jalan keluar untuk segala persoalan.

24. Nabi Isa AS

Nabi Isa AS adalah nabi yang tidak memiliki ayah dan lahir dari seorang wanita suci bernama Maryam. Beberapa mukjizat beliau, yaitu bisa berbicara saat bayi, menghidupkan burung dari tanah liat, menghidupkan orang yang sudah mati, menyembuhkan orang buta dan penyakit sopak, menurunkan hidangan dari langit, dan dianugerahi kitab injil.

25. Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir sekaligus penutup. Ketika kelahiran beliau, banyak peristiwa besar seperti runtuhnya berhala dekat Kakbah dan padamnya api yang disembah oleh kaum Majusi.

Mukjizat Nabi Muhammad SAW, yaitu Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam, mampu membelah bulan, mengalirkan air dari jemari tangannya, mampu menurunkan hujan, di atas kepalanya selalu dinaungi awan, melakukan perjalanan ke Sidratul Muntaha saat Isra Mi’raj, dan masih banyak mukjizat lainnya.

 

Sumber detikNews Berliana intan Mdharani

Share :

Baca Juga

Berita

Buronan Specialis Curanmor Dan Bongkar Rumah Tak Berkutik Saat Diciduk Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Merangin Dan Unit Reskrim Polsek Tabir

Berita

Tiga Pengguna Dan Pengedar Narkoba Berhasil Di Ringkus Satresnarkoba Polres Merangin

Batanghari

Di duga Seorang Pria, Bergaya Preman Intimidasi Wartawan yang hendak mengambil Liputan

Berita

Pasca Kericuhan, Kapolres Sarolangun Pastikan Jalan Desa Ladang Panjang Menuju Kota Jambi Aman Untuk Dilewati

Berita

Memaki Diri Oleh Alhendra Dy

Berita

Berhasil Ungkap Kasus Narkoba, Polres Tebo Gelar Konferensi Pers

Berita

Pelaku Spesialis Pembobol Warung Di Tangkap Anggota Reskrim Polsek Rimbo Bujang Bersama Tim opsnal Satreskrim Polres Tebo

Berita

Polres Tebo Tangkap Pelaku Kasus Pencabulan dan Persetubuhan Anak Tiri