Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat IWO Tebo Beri Materi Sosialisasi Pilkada Yang Efektif Kepada PPK se Kabupaten Tebo

Home / Berita / Kesehatan

Minggu, 19 Maret 2023 - 20:51 WIB

5 Manfaat Pare Untuk Kesehatan, Berikut Uraiannya

Pare Dok ist

Pare Dok ist

Pare adalah tanaman yang merambah dan memiliki buah memanjang dengan bintil-bintil di luar kulitnya. Di balik rasanya yang pahit, ada segudang manfaat pare untuk kesehatan. Di Indonesia, pare sering diolah sebagai sayuran hingga jadi pelengkap isian jajanan siomay hingga gado-gado.

Kandungan nutrisi yang beragam dalam pare juga membuatnya sejak lama dipercaya sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Pare alias paria kaya mineral nabati, kalsium, fosfor, dan karotenoid.

Selain itu, pare juga mengandung beragam nutrisi penting yaitu vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B12, zat besi, kalsium, kalium, zinc, magnesium, fosfor, karbohidrat, serat, antioksidan, seperti fenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin. Di beberapa negara manfaat pare untuk kesehatan, di antaranya bagi masyarakat Jepang bagian Selatan sebagai obat pencahar, laksatif, dan obat cacing. Di India, ekstrak buah pare digunakan sebagai obat diabetik, obat rematik, obat gout, obat penyakit liver dan obat penyakit limfa. Selain itu, apa saja manfaat pare untuk kesehatan?

Nah, berikut 5 manfaat pare untuk kesehatan seperti dikutip dari Healthline dan Kementerian Kesehatan:

BACA JUGA :  Sahkah Wudhu di WC atau Toilet? Ini Penjelasan Buya Yahya

1. Baik untuk kesehatan kulit dan mata Manfaat pare untuk kesehatan yakni baik untuk kesehatan mata dan kulit. Sebab, pare kaya akan vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak yang meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan mata. Selain itu, manfaat sayur pare juga mampu melindungi sel dari kerusakan lantaran pare merupakan sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenan, senyawa antioksidan. Di samping itu, manfaat buah pare adalah rendah kalori namun tinggi serat, sehingga bisa memenuhi sekitar 8% kebutuhan serat harian meski hanya memakan 94 gram pare.

2. Menurunkan kadar gula darah Manfaat pare yang paling terkenal adalah menurunkan gula darah. Hal ini karena pare memiliki senyawa yang dapat bertindak seperti insulin, yang bertugas mengolah gula darah untuk menjadi energi di dalam sel tubuh. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi pare dapat mengurangi kadar gula darah dan menurunkan HbA1c penderita diabetes tipe 2. Meski demikian, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut karena ada pula studi yang menyatakan bahwa pare tidak memiliki dampak signifikan sebagai pengobatan diabetes.

BACA JUGA :  Sambut 17 Agustus, Warga Perum Tebo Makmur Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Serta Memperindah Lingkungan

3. Pengobatan kanker Penelitian menunjukkan, pare mengandung senyawa tertentu yang memiliki sifat anti kanker. Salah satu studi menunjukkan, ekstrak pare efektif membunuh sel kanker perut, usus besar, paru-paru, dan nasofaring. Dalam penelitian lain menyebutkan, ekstrak pare mampu memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara sekaligus mendorong kematian sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian klinis lebih lanjut untuk memastikan dosis aman, efek samping, serta efektivitas pare dalam memerangi kanker.

4. Mengendalikan kolesterol Manfaat pare untuk kesehatan juga mampu menurunkam kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri, sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras. Beberapa penelitian pada hewan menemukan, pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung Meski perlu diteliti lebih lanjut, manfaat buah pare untuk kesehatan dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang ada dalam pare juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Semoga bermanfaat untuk pembaca

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolres Tebo Berikan Penghargaan kepada Personel Berprestasi dalam Mengungkap Kasus Pencurian dan Pembunuhan

Berita

Berkas Gelora diterima, Dedi Handika: Ini tahap awal kita berjuang untuk Target 5 Kursi Di DPRD Kab. Tebo

Berita

Sarmidi Komandoi “ANNIVERSARY KE – 48 DESA PERINTIS” Lalui Dengan Rangkaian Berbagai Kegiatan Berlangsung Sukses

Berita

Polri Jamin Penyelenggaran Piala Dunia U17 Berjalan Aman

Berita

Rapat Forkopimda Se-Provinsi Jambi, H. Aspan Paparkan Sejumlah Penanganan Konflik

Berita

Memaki Diri Oleh Alhendra Dy

Berita

Tifatul Sembiring Ungkap Muhammadiyah dan NU Akan Rayakan Lebaran Idul Fitri 2023 pada Waktu yang Beda: Persatuan Tetap Dijaga Ya..

Berita

Heboh..!! Buaya Terkam Warga Pulau Temiang Tebo Ulu