Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat IWO Tebo Beri Materi Sosialisasi Pilkada Yang Efektif Kepada PPK se Kabupaten Tebo

Home / Berita / Islami

Jumat, 10 Maret 2023 - 06:25 WIB

7 Ayat Dalam Al-Qur’an Yang Menjelaskan Penting Nya Bersyukur

Ilustrasi Ayat-ayat yang menjelaskan tentang bersyukur

Ilustrasi Ayat-ayat yang menjelaskan tentang bersyukur

Jambi – Bersyukur merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh seluruh umat manusia. Karena dengan bersyukur, manusia mampu terhindar dari sifat takabur atau sombong.

Pertanyaan “Sudahkah kita bersyukur hari ini?” telah akrab di telinga masyarakat. Hal ini sebagai kampanye agar manusia tidak selalu mengeluh dalam kekurangan atau takabur di tengah harta yang melimpah.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur. Misalnya mengagungkan nama Allah, mengucapkan hamdalah, melakukan perbuatan yang diridhai, seperti sholat, puasa, dan menunaikan ibadah yang lain.

Dilansir dari detikHikmah, dalam buku Mengimplementasikan Ajaran Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam dan Dunia Kerja yang ditulis oleh Eko Nani Fitriono, S. Th.I., dkk, dijelaskan bahwa, cara bersyukur kepada Allah menurut para ulama di antaranya adalah dengan cara menaati perintah-Nya. .

Hal tersebut diriwayatkan dari Ibnu Uyainah: “Barangsiapa sholat wajib lima waktu, maka itu berarti ia telah bersyukur kepada Allah, dan barangsiapa yang berdoa untuk kedua orang tuanya setelah sholat, maka ia telah bersyukur kepadanya.”

Makna dan Hakikat Syukur dalam Islam

Umat muslim dapat berterima kasih pada Allah SWT dengan cara bersyukur. Dalam buku Etika Islam Menuju Evolusi Diri yang ditulis Faidh Kasyani menjelaskan bahwa Imam Ja’far al-Shaqid pernah berkata, “Ucapkanlah di pagi dan sore hari, ‘Ya Allah, apa yang terjadi padaku di pagi hari berupa kenikmatan dan kesehatan dalam agama atau dunia, maka itu dari-Mu semata, tiada yang menyertai-Mu.

Untuk-Mu segala puji dan segala syukur atas semua itu hingga Engkau ridha dan lebih dari ridha’. Sesungguhnya jika kamu mengucapkan itu, maka kamu telah menunaikan syukur atas segala yang telah Allah limpahkan kepadamu pada siang dan malam itu.'”

Pada sebuah riwayat juga disebutkan bahwa, Nabi Nuh AS sering kali mengucapkan rasa syukur setiap pagi. Dari apa yang sering dilakukan, Nabi Nuh As disebut sebagai hamba yang banyak bersyukur.

Dalam Kitab Taurat Nabi Nuh juga mengatakan bahwa, “Bersyukurlah kepada yang memberikan kepadamu kenikmatan dan kepada orang yang bersyukur kepadamu. Sesungguhnya kenikmatan tidak akan hilang jika disyukuri dan kenikmatan tidak akan tetap jika dikufuri. Bersyukur akan menambah kenikmatan dan menjaga dari perubahan, yakni mengubah keadaan dari baik ke buruk.”

BACA JUGA :  Kapolres Tebo Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Persiapan Penanggulangan Bencana Alam

Imam Ali al-Sajjad mengatakan bahwa, Allah mencintai setiap hati yang bersedih dan setiap hamba yang banyak bersyukur. Dia akan bertanya kepada seorang hamba di antara para hamba-Nya di hari kiamat, “Apakah kamu sudah mensyukuri orang itu?” Orang itu menjawab, “Aku sudah bersyukur kepada-Mu, ya Rabb.”

Lalu Allah berfirman, “Kamu belum bersyukur kepada-Ku, jika kamu tidak mensyukurinya.” Kemudian Dia berfirman, “Orang yang paling bersyukur kepada Allah adalah orang yang bersyukur kepada manusia.'”

Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Bersyukur

Berikut 7 ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang bersyukur. Berikut antara lain:

1. Surat Ibrahim Ayat 7

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: (Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa, setiap orang yang bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan, maka akan diberikan kenikmatan yang lebih banyak lagi. Beda halnya dengan orang yang tak mau mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT, dia akan mendapatkan ganjaran yang setimpal.

2. Surat Al Baqarah Ayat 152

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Artinya: Maka, ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

Dari ayat ini, Allah SWT telah menegaskan kepada seluruh hambanya untuk selalu mengingat-Nya dalam keadaan apapun. Tak hanya itu, Allah SWT juga mengingatkan bahwa orang yang bertakwa adalah akan mendapatkan sebaik-baik tempat di sisi-Nya, daripada orang yang ingkar kepada-Nya.

3. Surat Al Qasas Ayat 73

وَمِنْ رَّحْمَتِهٖ جَعَلَ لَكُمُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوْا فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: Berkat rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang agar kamu beristirahat pada malam hari, agar kamu mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari), dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.

Dalam ayat ini, Allah SWT mengingatkan kepada seluruh hambanya bahwa betapa besarnya karunia yang ia berikan. Allah SWT yang mengatur seluruh jagad raya beserta seisinya agar selalu berjalan sesuai dengan apa yang seharusnya.

BACA JUGA :  Kepala SPN dan Dirintelkam Polda Jambi Berganti

4. Surat Al Jasiyah Ayat 65

اَللّٰهُ الَّذِيْ سَخَّرَ لَكُمُ الْبَحْرَ لِتَجْرِيَ الْفُلْكُ فِيْهِ بِاَمْرِهٖ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَۚ

Artinya: Allahlah yang telah menundukkan laut untukmu agar kapal-kapal dapat berlayar di atasnya dengan perintah-Nya, agar kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur.

Pada ayat ini, Allah SWT menegaskan mengenai kuasanya akan seluruh alam semesta. Manusia tidak akan bisa berbuat apa-apa, jika Allah SWT tidak berkehendak. Oleh karena itu, perlu kiranya untuk senantiasa memanjatkan rasa syukur.

5. Surat Luqman Ayat 12

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِ ۗوَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Artinya: Sungguh, Kami benar-benar telah memberikan hikmah kepada Luqman, yaitu, “Bersyukurlah kepada Allah! Siapa yang bersyukur, sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri. Siapa yang kufur (tidak bersyukur), sesungguhnya Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji.”

Secara keseluruhan, surah ini menjelaskan mengenai betapa dzalimnya perbuatan yang mempersekutukan Allah SWT. Sebagai umat muslim yang beriman, seharusnya kita tunduk dan berserah diri kepada Allah SWT. Itulah yang dinamakan bersyukur.

6. Surat Adh Dhuha Ayat 11

وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya: Terhadap nikmat Tuhanmu, nyatakanlah (dengan bersyukur).

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa, pentingnya membalas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan Allah SWT dengan cara bersyukur. Walaupun sederhana, bersyukur merupakan amalan yang besar pahalanya karena Allah sangat mencintai hamba-Nya yang bersyukur.

7. Surat An Nahl Ayat 18

وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: Jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ayat tersebut menjelaskan bahwa, ketika seseorang mau bersyukur maka seluruh hal yang ada dalam kehidupannya akan selalu terasa cukup dan tentram. Hal ini berbeda dengan orang kufur yang akan selalu merasa tidak puas, kekurangan, dan gelisah.

Nah, itulah 7 ayat-Ayat Al-Qur’an yang menjelaskan mengenai pentingnya untuk tetap selalu bersyukur. Semoga semuanya selalu mengamalkan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari. (Sumber DetikHikmah)

Share :

Baca Juga

Berita

Asri Tokoh Masyarakat Kecamatan VII Koto Dukung Afriansyah Maju Calon Bupati Tebo

Berita

Dr MAULANA, dicintai “Warga” dikelurahan kebun handil

Berita

Serap Aspirasi Terkait Kamtibmas, Kapolres Tebo Jum’at Curhat Bersama Warga Simpang Lima Muara Tebo

Berita

Polres Merangin Dan Bawaslu Merangin Perkuat Sinergitas Jelang Pemilu 2024

Berita

Tanggapi Soal Kepindahan Dodi Sularso ke PKB, Sy. Fasha : Dalam Politik sesuatu yang Wajar

Berita

PJ Bupati Tebo Buka Kongres Luar Biasa ( KLB ) PSSI ASKAB Tebo

Berita

Kapolres Tanjab Barat Pimpin Serah Terima Jabatan Sejumlah Pejabat Utama Lingkup Polres Tanjab Barat

Berita

Ramah Anak, Masjid Agung Al Ittihad Tebo Jadi Favorit Warga Saat Ramadan