Peserta BPJS Kesehatan di Tebo Jambi Keluhkan Pemindahan Faskes Secara Sepihak Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat

Home / Berita / Daerah / Infografis

Jumat, 21 April 2023 - 11:11 WIB

Berikut 5 Wilayah Termiskin di Provinsi JAMBI, Nomor Satu Kabupaten Terkenal hingga Asia Tenggara, Bisa Tebak?

Peta Provinsi Jambi

Peta Provinsi Jambi

Jambi juga dikenal dengan berbagai wisata dan budaya hasil sejarah masa lalu dari kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Terdiri dari berbagai kabupaten yang memiliki sejumlah kecamatan. Jambi sendiri jumlah penduduk sebanyak 3.088.618 jiwa pada tahun 2006.

Selain itu, Jambi juga terkenal dengan potensi wisata yang menarik karena banyaknya daerah wisata seperti Kerinci dan Bandara yang masuk sebagai salah satu daerah wisata di Jambi.

5 Daerah dibawah ini masuk sebagai salah satu daerah dengan penduduk miskin terbanyak dengan jumlah hingga 50 ribu penduduk miskin di setiap wilayahnya.

Daerah Jambi masuk sebagai salah satu daerah yang berada di Pulau Sumatra dengan kota Jambi sebagai ibu kota provinsi. Jambi memiliki luas sebesar 50.160 km2. Menariknya, Jambi menjadi salah satu provinsi yang memiliki nama ibu kota sama dengan provinsinya.

BACA JUGA :  Miris, 371 PPPK Dilingkungan Pemda Tebo Belum Menerima Gaji Selama Dua Bulan

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri jika Jambi juga menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk miskin yang cukup banyak. Hal ini berdasarkan pada data BPS penduduk miskin pada tahun 2022 yang mana sebanyak 279,37 ribu jiwa.

1. Kota Jambi

Kota Jambi menduduki wilayah pertama yang ternyata memiliki warga miskin terbanyak dengan penduduk miskin sebesar 50,4 ribu jiwa. Sebagai ibu kota provinsi dan luas wilayah cukup besar maka bisa dipastikan kota Jambi masuk urutan pertama.

BACA JUGA :  Korlantas Polri Luncurkan Program Baru, Pemakai Motor dan Mobil Harap ke Samsat, Simak!

2. Merangin 

Merangin menjadi salah satu kabupaten yang masuk sebagai wilayah termiskin kedua dengan penduduk miskin sekitar 34,1 ribu jiwa pada tahun 2022.

3. Tanjung Jabung Barat 

Kabupaten ini juga termasuk sebagai salah satu kabupaten dengan posisi ketiga menjadi wilayah termiskin dengan jumlah pendudul sebesar 33,9 ribu jiwa pada tahun 2022.

4. Batanghari 

Batanghari menjadi salah satu wilayah dengan penduduk miskin sebanyak 26,24 jiwa di 2022 dan 27,2 ribu jiwa pada tahun 2021.

5. Sarolangun

Sarolangun menjadi salah satu wilayah dengan penduduk miskin terbanyak dengan penduduk sebesar 26,2 ribu jiwa pada 2022.

Tim Redaksi infonegerijambi.com

Share :

Baca Juga

Berita

Operasi Pasar di Kabupaten Tebo untuk Menstabilkan Harga Bahan Pangan Menjelang Ramadhan

Bungo

Kecelakaaan Lalu Lintas Saat Arus Mudik Lebaran 1 Orang Tewas Di Jalan Lintas Sumatera Kabupaten Bungo

Berita

Nuansa Yang Berbeda, Perpisahan MTs Nurul Hasanah di GO WAHANA

Berita

Dari Pengembangan Kasus, Polres Merangin Bekuk Penadah Curanmor

Berita

Berikan Bantuan Kepada Warga Terdampak Banjir, Kapolsek Tengah Ilir Himbau Masyarakat Tetap Hati – Hati di Tengah Bencana Banjir

Berita

Tujuh Rumah semi permanen di Kuala Tungkal di lahap sijago merah

Berita

Razia Gabungan Satpol PP dan Polres Tanjab Timur Amankan Obat-Obatan Kadaluwarsa dan Ikan Berformalin

Berita

Bacabup Afriansyah dorong legalisasi Dompeng dalam acara sosialisasi pencegahan PETI