Peserta BPJS Kesehatan di Tebo Jambi Keluhkan Pemindahan Faskes Secara Sepihak Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat

Home / Berita / Kesehatan

Senin, 24 April 2023 - 17:13 WIB

Biar Gak Pikun, Ahli Saraf Sarankan Hal Ini Untuk Latih Otak

Melatih ingatan secara teratur merupakan kunci peningkatan otak, terutama jika Anda ingin menangkal masalah ingatan di kemudian hari. Namun pada dasarnya, kekuatan ingatan bervariasi dari satu orang ke orang lain.

 

Menurut ahli saraf sekaligus dosen senior di MIT Sloan, Dr Tara Swart Bieber ternyata adalah dua cara sederhana yang bisa mempertajam ingatan dan memori otak jangka panjang.

 

Lantas apa sajakah itu, berikut paparannya dilansir CNBC Make It.

 

1. Chunking: Perkuat memori kerja Anda

 

Teknik chunking melibatkan penguraian informasi yang panjang, acak, dan kompleks menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

 

Contoh yang umum terjadi misalkan saat Anda melihat angka seperti “3-3-2-1-6-7. Anda dapat membaginya menjadi “33”, “21”, “67”. Ini juga membantu untuk memberikan arti khusus pada angka-angka itu.

 

Dengan memisahkan elemen individu yang berbeda menjadi blok yang lebih besar, informasi menjadi lebih mudah untuk disimpan dan diingat.

 

Chunking juga bagus untuk presentasi. Jika Anda gugup kehilangan kata-kata, buatlah daftar istilah dan frasa kunci yang perlu Anda tekan. Kemudian ucapkan dengan lantang beberapa kali untuk memasukkannya ke dalam pikiran Anda sebagai tiang penunjuk jalan.

BACA JUGA :  Ciri-Ciri Tubuh Kelebihan Kolesterol Sejak Usia Muda, Cek Makanan Penyebab Kolesterol

 

Tes latihan otak : Ingatlah nomor telepon orang terdekat dan tersayang Anda dengan memecahnya menjadi komponen yang lebih kecil, daripada hanya mengandalkan daftar kontak Anda. Lihat berapa banyak yang bisa Anda pertahankan.

 

2. Cobalah Space Repetition : perkuat memori jangka panjang Anda

 

Metode ini adalah tentang meningkatkan memori pada interval waktu yang semakin lama.

 

Jika Anda ingin mengingat suatu fakta, ucapkan dengan lantang beberapa kali tepat setelah Anda mempelajarinya. Lalu lakukan hal yang sama beberapa jam kemudian, lalu keesokan harinya, lalu minggu berikutnya.

 

Jika Anda merasa mulai melupakan informasi tersebut, mulailah proses dari awal lagi.

 

Tes latihan otak : Tuliskan daftar belanjaan Anda selama seminggu. Ulangi di kepala Anda (untuk masing-masing, visualisasikan item di pikiran Anda). Kemudian tutupi daftar itu dan latih dengan lantang. Saat Anda pergi ke toko, lihatlah berapa banyak item yang dapat Anda ingat.

 

Perhatian penuh dan merawat tubuh Anda juga membantu

 

Setiap aktivitas yang merangsang mental akan meningkatkan kekuatan otak Anda, tetapi ada tiga langkah sederhana dan penting lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengisi bahan bakar otak Anda:

BACA JUGA :  Apa itu Zakat Fitrah? Simak Pengertian dan Aturan Bayarnya

 

– Banyak berolahraga

 

Satu studi menemukan bahwa penurunan kognitif hampir dua kali lebih umum di antara orang dewasa yang tidak aktif dibandingkan dengan mereka yang aktif.

 

Untuk orang dewasa, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas intensitas tinggi seminggu.

 

– Pola makan yang sehat

 

Konsumsilah buah dan sayuran, terutama yang lebih gelap, seperti kangkung dan terong. Bahkan kopi dan cokelat hitam, dalam jumlah sedang, juga bagus.

 

Hal itu semua mengandung polifenol tingkat tinggi, yang merupakan nutrisi kuat yang membantu mencegah penurunan kognitif.

 

Kosongkan ruang kepala Anda

 

Dengan kehidupan yang begitu sibuk, mudah untuk merasa kewalahan oleh informasi. Tetapi Anda dapat meredam kebisingan dengan melakukan beberapa inventaris pribadi.

 

Pikirkan tentang apa yang paling penting bagi Anda. Apa saja hal-hal yang dapat Anda ingat dengan mudah dan Apa hal-hal yang cenderung Anda lupakan.

 

Setelah Anda memikirkan hal-hal itu, Anda dapat mulai membuat perubahan yang disengaja.

Sumber detikNews

Share :

Baca Juga

Berita

Masyarakat Semangkin Resah, “Akibat ulu penambang batu bara ilegal” Masih beraktivitas

Berita

Diterima Pj Bupati H Mukti, Merangin Terbaik Kedua Pengelolaan DAK Fisik 2023

Berita

Tiga Putra-Putri Tanjab Barat Lulus Masuk Taruna STTD Tahun 2023

Berita

Belajar dari kasus dengan Ahmad Dhani, Once kasih pesan ke Musisi Muda

Berita

Bhayangkari Ranting Rimbo Bujang Cabang Tebo Bagi Takjil Gratis Kepada Pengguna Jalan

Berita

Kesultanan Jambi: Sejarah, Raja-raja, Masa Kejayaan, dan Keruntuhan

Berita

MTQ ke Vll Tingkat Kelurahan Sungai Bengkal Resmi Dibuka Berjalan Sukses

Berita

Hauling Batu Bara Ilegal Di IUP PT.BBI Kian Leluasa, Mana penegak Hukum ?