Kadivhumas Polri Tegaskan Kepolisian dan Kejaksaan Agung Baik-Baik Saja Beredar Video Waka DPRD Tebo Lagi Bersenang-senang di Jakarta, Lambannya Proses Eksekusi oleh Kejari Tebo Disorot Wahana Gelam Oasis Semangkin Eksis Anak Bunuh Ibu Kandung, Polisi Dalami Motif Pelaku Jadwal Keberangkatan Dan Harga Tiket Kapal Roro Tujuan Tungkal – Batam Setiap Hari

Home / Berita / Daerah

Jumat, 5 Mei 2023 - 09:03 WIB

Catat! Begini Sejarah dan Asal-usul Penamaan Jambi

NAMA provinsi hingga kota di Indonesia menyimpan makna dan sejarah tersendiri. Tak terkecuali juga dengan asal-usul penamaan Jambi.

Provinsi Jambi berada di bagian tengah Pulau Sumatera. Nama ibu kotanya sama; Jambi. Bumi Melayu Jambi terkenal memiliki Candi Muaro, kompleks percandian Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara yang diperkirakan berasal dari abad ke 7-12 Masehi.

Lalu seperti apa sejarah dan asal usul penamaan Jambi?

Menurut situs Dinas Pendidikan Kota Jambi, nama Jambi bermula dari penyebutan Chan-pi. Prof. Selamat Mulyana mengidentifikasi Chan-pi sebagai Jambi.

BACA JUGA :  Tanggapi Soal Kepindahan Dodi Sularso ke PKB, Sy. Fasha : Dalam Politik sesuatu yang Wajar

Chan pi sendiri merupakan kawasan yang menurut sejarah Dinasti Sung, Maharaja San Fo Tsi (Swarnabhumi) bersemayam di sana.

Pada tahun 853 M , untuk kali pertama utusan Chan-pi datang dan dilanjutkan pada kedua kalinya di tahun 871 M.

Dengan begitu tahun-tahun tersebut, nama Chan-pi atau Jambi sudah ada di berita China (Tiongkok) dan mulai dikenal pada abad 9M.

Salah satu pemberitaan China Ling Pio Lui (890 M – 905 M) pernah menyebut bahwa Chan-pi alias Jambi mengirimkan misi dagang ke China.

Jambi Berasal dari Kata Jambe

BACA JUGA :  Berselang 3 Hari, Akhirnya Tersangka Pembunuhan siswi SMPN 25 SAROLANGUN Di Tangkap

Asal usul penamaan Jambi juga ternyata berasal dari kata Pinang.

Situs Dinas Pendidikan Kota Jambi menyebutkan bahwa dalam silsilah raja-raja jambi tulisan Ngebug Suto Dilago Priayi Rajo Sari ada nama anak rajo bernama Putri Selaro Pinang Masak turun dari Pagaruyung.

Pinang dalam bahasa Sunda disebut Jambe. Hal ini membuat masyarakat banyak meyakini kata tersebut sebagai asal mula penamaan ‘Jambi’.

Perubahan dari Jambe ke Jambi ini berkaitan dengan masa Puteri Selaro Pinang Masak memerintah di kerajaan Jambi Tahun 1460-1480.

 

Sumber Okezone.com

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Habib Luthfi Hadiri Maulid Akbar Harlah 1 Abad NU di Ponpes Sholeh Al-Mubarok Gemuruh

Daerah

Tim Tabur Kejaksaan Agung RI Menangkap DPO Tipikor Kejaksaan Negeri Bungo An. Edoh Binti Darta

Berita

Panaskan Suhu Politik, M. Syukur Kukuhkan 10 Ribu Relawan Merangin

Berita

Mukti Sa’id, SE, ME, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi ditunjuk Jadi Pj Bupati Merangin

Berita

Lima Hektar Lahan Di Bukit Padon Sungai Penuh Kerinci Terbakar

Berita

Basarnas Jambi Raih Juara Harapan 1 Lomba URBAN SAR Challenge 2023

Berita

Miris, 371 PPPK Dilingkungan Pemda Tebo Belum Menerima Gaji Selama Dua Bulan

Berita

Heboh..!! Buaya Terkam Warga Pulau Temiang Tebo Ulu