Nekat Menjadi Kurir Sabu, Seorang Remaja Diamankan Tim Macan Sat Narkoba Polres Merangin Saat Hendak Bertransaksi Afriansyah Maju Bupati , Ini Kata Ansori Afriansyah Aktivis Jambi Ikut Meramaikan Bursa Balon Bupati Tebo Tokoh Pemuda Kecamatan VII Koto Ini Nyatakan Dukungan Kuat Kepada Afriansyah Bakal Calon Bupati Tebo, Ini Alasannya Nunggak 3 Bulan, PLN di Kantor Dinas Kominfo Tebo Disegel, Romy: Segera Audit Anggaran dan Kinerja Kadis

Home / Berita / Daerah / DPRD / Merangin

Senin, 26 Februari 2024 - 22:37 WIB

Komposisi DPRD Merangin Periode 2024 Berubah, Ini Hasil Sementara

Infonegerijambi.com, Merangin – DPRD Merangin periode 2024 bakal dikomandoi PAN yang meraih kursi terbanyak. Sebaliknya, PDIP kehilangan kursi dan harus merelakan kursi pimpinan.

 

Informasi yang dirangkum media ini, Partai Amanat Nasional (PAN) sebelumnya meraih 4 kursi dari 3 Daerah Pemilihan (Dapil). Hasil ini sama dengan raihan Golkar, Gerindra dan NasDem.

 

PAN yang meraih suara terbanyak di Pileg 2024 di Merangin itu, berhasil merebut kursi di Dapil III. Petahana Rahmat Nalim, putra mantan Bupati Merangin itu selisih tipis dengan raihan Caleg PDIP, Fajar Wijaya Kusuma.

 

Kegagalan Fajar yang tak lain putra Zaidan Ismail, Wakil Ketua DPRD Merangin itu membuat PDIP harus puas dengan wakil 2 kursi di DPRD Merangin.

 

PDIP hanya memiliki wakilnya di Dapil I dan Dapil III di Pemilu 2024. Sebelumnya, PDIP memiliki 3 kursi.

 

Sebaliknya, PAN yang sebelumnya 3 kursi kini memiliki 5 kursi dari semua dapil. Putra Gubernur Jambi, Muhammad Rifaldi dan Mira Sartika mewakili 2 kursi PAN di Dapil I.

 

Torehan PAN yang dikomandoi Ahmad Kausari itu, tak hanya mempertahankan kursi pimpinan, namun juga merebut kursi Ketua DPRD Merangin.

BACA JUGA :  Cuaca Panas, Bolehkah Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat ?

 

PAN Geser Golkar

 

Sementara Golkar yang meraih 6 kursi di periode 2019-2024 dan menjadi pimpinan DPRD Merangin, periode Pemilu 2024 harus puas dengan raihan 4 kursi di 3 dapil. Golkar gagal meraih kursi di Dapil IV dan kehilangan 1 kursi di Dapil I.

 

Raihan yang sama didapatkan Gerindra hasil Pileg 2024. Namun partai Prabowo ini meraih 4 kursi di 4 dapil. Sementara sebelumnya meraih 3 kursi, periode ini Dapil IV melengkapi kursi Gerindra di Merangin.

 

Perolehan Gerindra ini mengeser PDIP dari tampuk pimpinan. Bersama PAN dan Golkar, Gerindra melengkapi komposisi pimpinan DPRD Merangin.

 

Partai yang mendapatkan 4 kursi di Pileg 2024 selain Golkar dan Gerindra, ada pula NasDem. Periode sebelumnya, NasDem meraih 3 kursi dan melengkapinya di Dapil IV.

 

Peningkatan juga didapatkan PKB dari periode 2019-2024, bertambah 1 kursi. Jika sebelumnya PKB mendapatkan 2 kursi di Dapil I dan III, periode 2024-2029 bertambah di Dapil II.

BACA JUGA :  Nekat Hendak Edarkan Narkotika Jenis Shabu, TDS Dibekuk Tim Macan

 

Hal yang sama didapatkan PPP dari 2 kursi menjadi 3 kursi. PPP gagal meraih kursi di Dapil III.

Pertahankan Kursi

 

Partai Demokrat di DPRD Merangin bertahan dengan 3 kursi. Demokrat berhasil merebut kursi di Dapil III, namun gagal mempertahankan di Dapil IV.

 

Perindo juga berhasil mempertahankan 3 kursinya di 3 dapil. 2 petahana di Dapil II dan III berhasil bertahan, sementara Dapil I berganti dari Asy Syahrul ke Indra Geni.

 

Sementara PKS yang memiliki 3 kursi, tampaknya harus puas 2 kursi dan kehilangan wakil dari Dapil III.

 

PKN satu-satunya partai baru yang berhasil meraih kursi di DPRD Merangin. Menariknya, Abdul Thalib yang sebelumnya duduk dengan Berkarya, berhasil mempertahankan kursinya.

 

Usai merampungkan pleno kecamatan, Ketua KPU Merangin, Alber Trisman mengatakan berupaya untuk mengelar pleno kabupaten secepatnya.

 

“Kita usahakan di akhir bulan ini. Kalau tidak tekejar, ya awal bulan. Nanti kita rapat dengan KPU Provinsi,” katanya, Senin (26/2/2024) siang.***

 

 

 

Sumber Dinamikajambi.com

Share :

Baca Juga

Berita

Belajar dari kasus dengan Ahmad Dhani, Once kasih pesan ke Musisi Muda

Berita

Polres Tebo Gelar Apel Pasukan Pengamanan Tablig Akbar bersama Ustadz Habib Ahmad Alhabsy di Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo

Bungo

PT. Catur Tunggal Wijaya, Akhirnya Dilayangkan Surat Peringatan Pertama Dan Terakhir Oleh Pemda Bungo

Bungo

Jum’at Curhat Kapolsek Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo Tanggapi Keluhan Masyarakat Dengan Bijak

Berita

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Bahar Lakukan Pengamanan Penyaluran BLT DD

Daerah

GAB Peduli : “Debu Batubara, Menghantui Masyarakat”

Islami

Menyantuni anak Yatim,Begini cara memuliakan nya..!!!

Daerah

Tim Tabur Kejaksaan Agung RI Menangkap DPO Tipikor Kejaksaan Negeri Bungo An. Edoh Binti Darta