Satgas Kamseltibcarlantas OMB 2023-2024 Polres Tebo Lakukan Patroli Cegah Gangguan Sitkamtibmas di Kabupaten Tebo Kurang Dari 1X24 Jam, Pelaku Curanmor Berhasil Diciduk Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Merangin Tim Batak Opsnal Sat Reskrim Polres Merangin ,Berhasil Ungkap Kasus Curanmor Sat Intelkam Polres Merangin Cek Harga Cabai Yang Tak Stabil Menjelang Nataru H Mukti Pj Bupati Merangin Salut, Metode 30 Menit Bisa Baca Al Quran

Home / Berita / Islami

Selasa, 11 April 2023 - 21:21 WIB

Muhammadiyah dan NU Sudah Menetapkan Idul Fitri 2023, MUI: Pemerintah Diprediksi Berbeda!

Idul Fitri 2023 versi Pemerintah dan Muhammadiyah Berbeda.

Idul Fitri 2023 versi Pemerintah dan Muhammadiyah Berbeda.

Infonegerijambi.com – Idul Fitri 2023 atau Lebaran sebentar lagi ada segera digelar untuk versi pemerintah.

Dalam jadwal yang tertera, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1444 hijriah atau Hari Raya Idul Fitri 2023 pada 20 April mendatang.

Lalu, apakah Idul Fitri 2023 pemerintah akan sama dengan Muhammadiyah dan NU?

Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Fitri 2023 pada 21 April 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, dalam kalender hijriyah, tanggal 20 April 2023 merupakan tanggal 29 Ramadhan 1444 H.

“(Sidang) isbat (penetapan 1 Syawal 1444 H) itu tanggal 20 April, hari Kamis, tanggal 29 Ramadhan,” kata Kamaruddin saat ditemui di Menara Kompas, Jakarta, Kamis, 6 April 2023.

Melalui sidang isbat nantinya, Kemenag akan mengundang beberapa pihak. Mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan organisasi-organisasi masyarakat (ormas) Islam untuk menentukan 1 Syawal 1444 Hijriah.

BACA JUGA :  Kabupaten Tebo Diterjang Hujan Angin, Pohon dan Tiang Listrik Roboh

Lebih lanjut, ia meminta masyarakat menghargai apabila ada beberapa pihak yang menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1444 H berbeda.

“Jadi kita masih menunggu hasil sidang isbat. Kita tahu di Indonesia ini kan, ya itu lah Indonesia itu demokratis banget. Pemerintah memutuskan Lebaran besok, tapi ada (beberapa pihak) Lebaran besoknya lagi atau belum mengikuti pemerintah, enggak ada masalah,” ujar Kamaruddin.

Pemerintah tetap menghargai segala perbedaan pendapat antar pihak. Pasalnya, Indonesia adalah negara demokratis dengan berbagai perbedaan pendapat.

Menurut Kamaruddin, beberapa negara lain yang menganut keputusan hakim atau keputusan negara harus diikuti oleh semua pihak.

“Di Saudi atau di Malaysia atau di negara-negara lain karena ada kaidah agamanya istilahnya bahwa keputusan hakim, keputusan negara, itu menghilangkan perbedaan. Kalau negara sudah mutusin begitu, semua harus ikut. Itu kaidahnya,” katanya.

BACA JUGA :  Cegah Peredaran Narkoba, Polres Tebo Launching Kampung Bebas Narkoba

“Tapi, karena kita bukan negara agama, kita negara demokrasi yang religius, ya kita enggak bisa maksa karena itu keyakinan,” ujar Kamaruddin melanjutkan.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H atau awal puasa Ramadhan 2023 jatuh pada 23 Maret 2023.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, penetapan awal Ramadhan 2023 ini telah ditetapkan secara bersama dalam Sidang Isbat.

“Kita bersepakat secara mufakat, bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023 Masehi,” ujar Yaqut dalam jumpa pers di Kemenag, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Maret 2023.

MUI pun mengatakan akan ada perbedaan waktu lebaran pada tahun 2023.

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Abdullah Jaidi mengatakan, ada kemungkinan waktu pelaksanaan Lebaran Idul Fitri 2023 tidak dilakukan serentak.

Sumber Kilat.com

Share :

Baca Juga

Berita

Bahaya Asap Rokok Pada Tumbuh Kembang Anak, Bisa Pengaruhi Psikologis

Berita

Sudah Laksanakan Salat Witir, Apakah Masih Bisa Tahajud? Ini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

Berita

Audiensi BNNP IWO Jambi Sepakati Kolaborasi

Berita

Ini Lima Nama Anggota KPU Provinsi Jambi Terpilih Periode 2023-2028

Berita

Operasi Ketupat 2023, Polda Jambi Dirikan 50 Pos dan Kerahkan 3.168 Personel Gabungan

Berita

Lakukan Pengembangan Perkara Narkoba, Tim Macan Sat Narkoba Polres Merangin Juga Menangkap Pelaku Curanmor

Berita

Jadi Penadah Barang Hasil Curian, Pemuda ini Diancam Pidana 4 Tahun Penjara

Berita

UAS Jawab Soal Perbedaan Hari Raya Idul Fitri antara NU dengan Muhammadiyah: ‘Coba Jangan Ditabrakan’