Kadivhumas Polri Tegaskan Kepolisian dan Kejaksaan Agung Baik-Baik Saja Beredar Video Waka DPRD Tebo Lagi Bersenang-senang di Jakarta, Lambannya Proses Eksekusi oleh Kejari Tebo Disorot Wahana Gelam Oasis Semangkin Eksis Anak Bunuh Ibu Kandung, Polisi Dalami Motif Pelaku Jadwal Keberangkatan Dan Harga Tiket Kapal Roro Tujuan Tungkal – Batam Setiap Hari

Home / Berita / Kesehatan

Jumat, 31 Maret 2023 - 20:23 WIB

Tanpa Minum Obat! Ini Cara Alami Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi

Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

Info Sehat – Kolesterol dan diabetes harus diobati dengan tepat agar tidak semakin parah. Ini cara alami menurunkan kolesterol dan gula darah tinggi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Dua penyakit tersebut memang berbeda, namun kedunya sama-sama disebabkan karena gaya hidup yang buruk.

Melansir dari Healthline, kadar kolesterol dan gula darah tinggi bisa dikelola dengan pola makan yang sehat. Diet sehat menjadi salah satu cara untuk mengelola kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Tiga makronutrien, karbohidrat, protein, dan lemak memiliki dampak berbeda pada kadar gula darah dan kolesterol. Contohnya, sumber karbohidrat seperti roti, pasta, dan buah mempengaruhi kadar gula darah daripada sumber protein atau lemak. Di sisi lain, sumber lemak yang mengandung kolesterol, seperti susu dan daging memiliki efek lebih besar pada kolesterol dibandingkan gula darah. Perlu Anda tahu, menurunkan gula darah dan kolesterol dengan dier tidaklah sulit. Sebab, banyak makanan yang bisa membantu menurunkannya. Berikut beberapa cara yang efektif menurunkan gula darah dan kolesterol tinggi yang bisa Anda coba.

BACA JUGA :  DPD PDI-P Jambi Akan Segera Bertemu Dengan DPW PPP, Usai PPP Usung Ganjar Pranowo Jadi Calon Presiden

1. Konsumsi lemak sehat  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan berlemak, dan minyak zaitun bisa membantu menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan meningkatkan kontrol gula darah.

2. Kurangi asupan gula

Gula banyak ditemukan di permen, es krim, makanan yang dipanggang, dan minuman manis. Makanan dan minuman tinggi gula ini memberikan dampak negatif pada kolesterol dan gula darah. Membatasi konsumsi gula menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA :  BUNTUT PENANGKAPAN WARGA PANGKALAN JAMBU MERANGIN, RATUSAN WARGA BLOKIR JALAN NASIONAL

3. Konsumsi lebih banyak sayuran  

Konsumsi sayuran segar dan sayur yang dimasak sama-sama bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Bayam, paprika, brokoli, dan kembang kol baik untuk Anda konsumsi secara rutin.

4. Hindari konsumsi makanan cepat saji  

Makanan kemasan atau makanan dari restoran cepat saji memberikan efek buruk untuk kesehatan. Alasannya, makanan tersebut berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah. Anda sebaiknya mengonsumsi sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah utuh. Sebab, makanan tersebut kata nutrisi yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selain menerapkan 4 hal di atas, ada baiknya Anda mulai meningkatkan aktivitas fisik dan menjaga berat badan tetap ideal.

Sumber Kontan.co.id

Share :

Baca Juga

Berita

Cuaca extrem Memporak Porandakan Atap Rumah Warga Beterbangan di Bawa Angin

Berita

Mobil Yang Membawa Waka DPRD Tanjabbar Terlibat Lakalantas,1 Orang Meninggal Dunia

Berita

Dinas LH Larang Partai Pasang Atribut di Lokasi RTH

Berita

Maqom Bukit Keramat

Berita

Sisa 4 Hari Lagi, Belum Ada Caleg Daftar di KPU Tanjab Barat

Berita

Anniversary ke- l Perintis Makmur Dan Peringatan Hari Ibu ke-95 th, Dengan Tajuk,” Terciptanya Desa Baru Yang Bersih, Sejahtera Dan Aman Dengan Tetap Mempertahankan Budaya,”

Berita

Afriansyah di Pilkada Tebo, Dr. Azri : Sebuah Ikon Bahwa Orang Pergerakan Juga Pantas Menjadi Pemimpin

Berita

PeTiSun Perdana H. Aspan, ST Di Desa Pemayungan