10 Cara Seru Buat ‘Healing’ Bareng Temen di Bulan Oktober Kepsek SDN 179/X Nipah Panjang Membantah Adanya Larang Berjualan Diaera Sekolah Dihadapan Warga, Paslon Agus-Nazar Sampaikan Program Unggulan Dukungan Semakin Kuat, Desa Bungo Tanjung dan Jambu Siap Menangkan Pasangan Calon Agus – Nazar Sipropam Polres Tebo Gelar Gaktiplin di Polsek Tebo Ilir

Home / Merangin / Politik

Selasa, 1 Oktober 2024 - 21:48 WIB

Anak Al Haris Jadi Ketua DPRD Merangin, Pengamat : Protes Perlu Diperhatikan

MERANGIN, INFONEGERIJAMBI.COM – Kisruh anak Al Haris jadi Ketua DPRD Merangin berbuntut pemblokiran jalan. Keputusan dan protes perlu jadi perhatian.

 

Hal ini dikatakan pengamat politik Provinsi Jambi Dr Noviardi Ferzi, Selasa (1/10/24). Menurutnya, setiap partai punya mekanisme sendiri dalam menentukan unsur pimpinan DPRD.

 

“Tapi jika kita melihat rekam jejaknya, Muhammad Rifaldi ini sepertinya memang belum punya pengalaman dalam memimpin,” katanya.

 

Mekanisme partai berbeda-beda, kata Noviardi. Namun protes masyarakat pun memiliki alasan yang kuat.

 

“Pada satu sisi kita faham, setiap partai punya mekanisme tersendiri soal pimpinan. Namun, di sisi yang lain, protes dari masyarakat hal yang wajar perlu diperhatikan juga oleh para pengambil keputusan, mengingat protes terhadap Muhammad Rifaldi ini memang punya alasan kuat dan mendasar,” tuturnya.

BACA JUGA :  Kades Sungai Cemara Ucapkan Terimakasih Kepada Bupati Tanjung Jabung Timur, Terkait Perbaikan Jalan

 

Sebelumnya, Pelantikan unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Merangin Periode 2024-2029 diwarnai oleh penolakan dan aksi demonstrasi oleh ratusan masyarakat Kabupaten Merangin, aksi itu dilakukan di Gedung DPRD Kabupaten Merangin, Senin (30/9)

 

Sejumlah masyarakat yang terdiri dari mahasiswa, aktivis, dan kelompok masyarakat ini tergabung dalam Aliansi Masyarakat Batin IX Ilir.

 

Agenda utama aksi tersebut adalah menolak sekaligus meminta pembatalan Muhammad Rifaldi sebagai unsur pimpinan Ketua DPRD Kabupaten Merangin 2024-2029.

BACA JUGA :  Ribuan Emak-Emak Antusias Ikuti Senam Sehat Bersama Agus-Nazar Di Rimbo Bujang

 

Menurut salah satu peserta aksi, penolakan ini berasal dari rasa kecewa masyarakat. Dilihat dari sisi manapun, Muhammad Rifaldi belum layak untuk dijadikan Ketua DPRD Kabupaten Merangin. Penunjukan ini sepertinya hanya karena yang bersangkutan anak Gubernur.

 

“Kita menilai, Muhammad Rifaldi ini belum layak untuk memimpin DPRD Merangin. Dari sisi jumlah suara, dia bukan peraih suara terbanyak di internal Partainya, dari sisi fit and propper test juga bukan yang paling bagus. Jadi penunjukan ini ya hanya karena dia anak gubernur saja,” salah satu peserta aksi menuturkan.***

Share :

Baca Juga

Berita

PEMERHATI POLITIK GAMAN SAKTI, KEHADIRAN AFRIANSYAH BERIKAN BABAK BARU BURSA CAKADA TEBO

Berita

PAN TANJABTIM Dipastikan Usung Zumi Laza Di Pilbup TANJABTIM

Daerah

Menjelang Pemilu Serentak 2024, Ini Pesan Ketua Lembaga Adat Merangin

Politik

Sah, Para Kiyai Dukung Dilla Hich – Muslimin Tanja

Berita

Sekda Fajarman Bantah Gubernur, Terkait Disuruh Mundur Dari Jabatan

Berita

Tinjau Lokasi Banjir, Kapolres Merangin Dirikan Posko dan Bantu Evakuasi Warga

Berita

Dari Pengembangan Kasus, Polres Merangin Bekuk Penadah Curanmor

Politik

Kasus Oknum Anggota DPRD Tebo Harus Segera Ditangani, Tokoh Pemuda Tebo Minta Khalis Mustiko Segera Bentuk AKD