10 Cara Seru Buat ‘Healing’ Bareng Temen di Bulan Oktober Kepsek SDN 179/X Nipah Panjang Membantah Adanya Larang Berjualan Diaera Sekolah Dihadapan Warga, Paslon Agus-Nazar Sampaikan Program Unggulan Dukungan Semakin Kuat, Desa Bungo Tanjung dan Jambu Siap Menangkan Pasangan Calon Agus – Nazar Sipropam Polres Tebo Gelar Gaktiplin di Polsek Tebo Ilir

Home / PDAM / Tebo

Selasa, 1 Oktober 2024 - 18:12 WIB

Perumda Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo Berlakukan Penyesuaian Tarif Langganan PDAM, Ini Alasannya

TEBO, INFONEGERIJAMBI.COM – Kepada masyarakat, khususnya pelanggan PDAM di Kabupaten Tebo, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo telah mengumumkan penyesuaian tarif air minum tahun 2024.

 

Penyesuaian ini merupakan upaya untuk menyeimbangkan biaya operasional dan menjaga kualitas layanan kepada masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo, Budi Irawan.

 

Ia menekankan bahwa tarif air minum adalah kebijakan mengenai biaya jasa layanan air yang ditetapkan oleh kepala daerah, yang wajib dibayar oleh pelanggan untuk setiap meter kubik air yang dikonsumsi.

 

Dijelaskan dia, ada beberapa faktor yang menyebabkan pihaknya harus melakukan penyesuaian tarif tersebut.

 

Faktor-faktor tersebut termasuk peningkatan tarif dasar listrik, kenaikan harga bahan kimia yang digunakan untuk pengolahan air, peningkatan harga pipa dan aksesoris, serta kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten (UMK).

 

 

Peningkatan Tarif Dasar Listrik

 

Peningkatan tarif dasar listrik menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi biaya operasional PDAM. Listrik merupakan komponen penting dalam pengoperasian pompa-pompa yang diperlukan untuk mendistribusikan air ke rumah-rumah pelanggan.

BACA JUGA :  Aturan Baru Penagihan Kredit, Ini Kata Asosiasi Multifinance & Fintech

 

Kenaikan Harga Bahan Kimia Pengolahan Air

 

Selain listrik, harga bahan kimia yang digunakan untuk pengolahan air juga mengalami peningkatan. Bahan kimia seperti klorin dan koagulan sangat diperlukan untuk memastikan air yang didistribusikan aman dan sesuai dengan standar kesehatan.

 

Biaya Pipa dan Aksesoris

 

Harga pipa dan aksesoris juga mengalami kenaikan, yang mempengaruhi biaya untuk perawatan dan pengembangan jaringan distribusi air.

 

Jaringan pipa yang baik diperlukan untuk memastikan tidak ada kebocoran yang signifikan dan untuk meningkatkan efisiensi distribusi air.

 

Dampak Kenaikan UMP dan UMK

 

Kenaikan UMP dan UMK juga mempengaruhi biaya operasional PDAM, karena gaji para pegawai harus disesuaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Hal ini penting untuk memastikan kesejahteraan karyawan yang bekerja di Perumda Air Minum Tirta Muaro.

 

Berdasarkan analisis yang dilakukan dan sesuai dengan Peraturan Bupati No. 17 Tahun 2024, yang ditetapkan pada 10 Juli 2024, penyesuaian tarif ini diberlakukan untuk menjaga keseimbangan antara kualitas layanan dan keberlanjutan perusahaan.

 

Budi menjelaskan bahwa skema tarif baru ini dirancang untuk memastikan bahwa pelanggan tetap mendapatkan layanan yang berkualitas sambil mempertimbangkan peningkatan biaya yang ditanggung oleh PDAM.

BACA JUGA :  Viral, Poster Afriansyah Berpasangan Dengan H. Aspan di Pilkada Tebo 2024

 

Tarif ini disesuaikan dengan jumlah pemakaian air dan jenis pelanggan, sehingga mencakup kebutuhan rumah tangga hingga industri.

 

Atas perubahan tarif ini, Perumda Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo berkomitmen untuk memberikan dukungan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

 

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah penggantian water meter dan pipa yang rusak atau sudah tidak layak.

 

Selain itu, PDAM juga akan melakukan pemerataan distribusi air bagi pelanggan di beberapa wilayah yang selama ini mengalami kekurangan pasokan.

 

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan akses air yang cukup dan berkualitas.

 

PDAM juga berencana untuk memperluas jangkauan area dalam jaringan pelanggan baru, sehingga lebih banyak masyarakat dapat menikmati layanan air bersih.

 

Di samping itu, promosi layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan akan dilakukan, dengan tetap mengacu pada kebijakan dan peraturan yang berlaku.

 

“Demikian, informasi ini disampaikan oleh Perumda Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo kepada masyarakat pelanggan PDAM di wilayah Kabupaten Tebo,” katanya.***

 

Share :

Baca Juga

Berita

Ketua Himpunan Mahasiswa Tebo Alfin Sumantri Desak Kejari Tebo Usut Penyelewengan Dana DAK Disdikbud Tebo

Daerah

Warga Kecamatan Muara Tabir Keluhkan Jalan Yang Rusak Parah

Berita

Asri Tokoh Masyarakat Kecamatan VII Koto Dukung Afriansyah Maju Calon Bupati Tebo

Politik

Peringatan HUT Kabupaten Tebo Hanya Dihadiri Agus-Nazar, Aspan-Tono Pilih Kampanye di VII Koto

Berita

Heboh..!! Buaya Terkam Warga Pulau Temiang Tebo Ulu

Pilkada

Tim Basarnaz dan Permata Arnaz Kabupaten Tebo Siap Menangkan Pasangan Agus-Nazar

Berita

Langgar Perda Sepadan Jalan, Gema Tipikor Minta Pemkab Bongkar RKB dan Pagar TK Pertiwi Pulau Temiang

Berita

Kapolres Tebo Dengarkan Keluhan Masyarakat Tentang Gangguan Kamtibmas