Kadivhumas Polri Tegaskan Kepolisian dan Kejaksaan Agung Baik-Baik Saja Beredar Video Waka DPRD Tebo Lagi Bersenang-senang di Jakarta, Lambannya Proses Eksekusi oleh Kejari Tebo Disorot Wahana Gelam Oasis Semangkin Eksis Anak Bunuh Ibu Kandung, Polisi Dalami Motif Pelaku Jadwal Keberangkatan Dan Harga Tiket Kapal Roro Tujuan Tungkal – Batam Setiap Hari

Home / Berita / Nasional / Politik

Selasa, 2 Mei 2023 - 18:37 WIB

Rommy : Pertemuan Jokowi dan 6 Ketum Parpol Berpotensi Bahas Ganjar – Prabowo

M Romahurmuziy (Rommy)

M Romahurmuziy (Rommy)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang ketua umum partai politik pendukung pemerintahannya untuk bertemu malam nanti. Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP M Romahurmuziy (Rommy) memprediksi pertemuan nanti membahas upaya membentuk koalisi besar.

“Selain halalbihalal di tengah masih di bulan Syawal, pertemuan nanti malam yang rencananya dihadiri seluruh ketum-ketum parpol pendukung pemerintah minus NasDem, berpotensi mewujudkan koalisi besar dengan formasi Ganjar-Prabowo sebagai capres-cawapres,” kata Rommy dalam keterangannya, Selasa (2/5/2023).

Rommy menjelaskan prediksinya soal duet Ganjar-Prabowo. Rommy menyebut duet ini bisa terwujud jika Prabowo bersedia menjadi cawapres.

“Tentu hal ini bertolak dari kenyataan bahwa dua figur tersebut teratas di berbagai polling, dan partai pemenang Pemilu 2019 lebih tepat sebagai pengaju capres, sementara parpol pemenang selanjutnya sebagai pengaju cawapres. Tentu hal ini terpulang ke Prabowo, apakah bersedia menjadi cawapres di tengah amanat partainya untuk menjadi capres,” kata Rommy.

BACA JUGA :  Lima Warga Teluk Rendah Yang Tenggelam di Sungai Batanghari, 2 ditemukan 3 Masih Dalam Pencarian

Rommy kemudian berbicara soal langkah selanjutnya andai koalisi besar tidak terwujud. Rommy mengatakan ada kemungkinan pertemuan malam nanti membahas pembagian kekuatan menjelang Pilpres 2024.

“Jika koalisi besar minus NasDem tak terwujud, maka pertemuan nanti malam bisa jadi akan memfinalisasi distribution of power dari 6 parpol pendukung pemerintah di mana PDIP-PPP telah menentukan sikap finalnya, sementara yang 4 parpol yakni Partai Golkar, Gerindra, PKB dan PAN belum menentukan sikap finalnya,” ujar Rommy.

Mantan ketua umum PPP itu menyebut pembagian kekuatan ini penting dilakukan menjelang Pilpres 2024. Rommy mengatakan Jokowi ingin pembangunan yang telah dilakukan semasa menjabat tetap diteruskan baik oleh Ganjar ataupun Prabowo jika koalisi besar tidak terwujud.

“Pendistribusian ini penting untuk memastikan kesinambungan pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintahan saat ini, khususnya mega-mega proyek infrastruktur seperti IKN, jalan tol, bendungan, bandara, dan lain-lain.

BACA JUGA :  Kandang Ayam Broiler Di Desa Perintis Terbakar, Pemilik merugi Miliaran Rupiah

 Ini sejalan dengan harapan Pak Jokowi di beberapa kesempatan terbatas yang mengatakan bahwa Presiden 2024 diharapkan tetap diusung dan dimotori oleh anggota parpol pendukung pemerintahan saat ini,” katanya.

Pertemuan Jokowi dan 6 ketum parpol malam nanti dijadwalkan berlangsung di Istana Merdeka. Terakhir kali Jokowi bertemu para ketua umum parpol pendukungnya yakni pada Minggu 2 April 2023 di markas PAN, Jakarta Selatan.

 Mereka yang hadir yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketum PPP Mardiono. PDIP yang diundang tidak hadir karena Megawati Soekarnoputri disebut memiliki acara yang sudah terjadwal dan tidak bisa diwakilkan.

Sumber detikNews 

Share :

Baca Juga

Berita

Polres Tebo Tangkap Pelaku Kasus Pencabulan dan Persetubuhan Anak Tiri

Berita

Aku Terima

Berita

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Tebo Berlangsung Damai

Berita

Langgar Perda Sepadan Jalan, Gema Tipikor Minta Pemkab Bongkar RKB dan Pagar TK Pertiwi Pulau Temiang

Batanghari

Tim Reskrim Polsek Mersam Amankan pelaku dugaan Pengancaman

Batanghari

Di duga Seorang Pria, Bergaya Preman Intimidasi Wartawan yang hendak mengambil Liputan

Berita

MTQ ke Vll Tingkat Kelurahan Sungai Bengkal Resmi Dibuka Berjalan Sukses

Berita

5 Manfaat Pare Untuk Kesehatan, Berikut Uraiannya