Ringankan Beban Emak- Emak, Dilla Hich akan Gratiskan Seragam Siswa/i Baru HUT Bhayangkara Ke -78,Polda Jambi Adakan Even Balap Sepeda Kapolda Cup Polsek Tengah Ilir Bekuk Dua Tersangka Pencuri Sawit Kecelakaan Maut di Tebo, Pemotor Tabrak Fuso, Satu Orang Meninggal Angkutan CPO PT SMS Diduga Penyebab Jalan Rusak, Ketua DPD Pekat IB Tebo Minta Pemerintah dan Kepolisian Tegas

Home / Berita / Daerah / Pemkab / Tebo / Tipikor

Selasa, 28 Mei 2024 - 18:30 WIB

Di Duga Kadis Pendidikan Tebo Korupsi Dana Pemeliharaan Gedung Dan Kendaraan Tahun 2023

Ade Nofriza Kadisdik Kabupaten Tebo

Ade Nofriza Kadisdik Kabupaten Tebo

Infonegerijambi.com, TEBO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tebo lagi lagi membuat masalah yang membuat nama institusi lembaga yang dipimpin oleh Ade Nofriza ini tercemar.

 

Dari informasi yang dihimpun, tersiar kabar diduga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo tersebut membuat Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) fiktif mengenai dana pemeliharaan gedung dan kendaraan tahun anggaran 2023.

 

Sumber media ini mengungkapkan adanya permainan anggaran dana pemeliharaan yang dilakukan dengan sengaja.

 

Menurut sumber, dana tersebut tidak digunakan sepenuhnya untuk memelihara kendaraaan dinas roda empat dan roda dua pada Disdikbud Tebo.

 

“Sebagian ada yang dilakukan pemeliharaan, tetapi banyak kendaraan yang tidak mendapat pemeliharaan tetapi SPJ-nya ada,” kata sumber yang enggan disebut namanya ini.

BACA JUGA :  Kasus Dugaan Penggelapan Dana Koperasi TSBU Bungo : Ini Penjelasan Dari Kejati Jambi

 

Begitu juga dengan pemeliharaan gedung kantor Disdikbud Tebo, menurut sumber anggaran itu tidak dipergunakan untuk pemeliharaan gedung.

 

Padahal, kata dia, anggaran tersebut tersedia pada tahun anggaran 2023 lalu.

 

“Lihat sendiri gedung kantor dinas pendidikan, sama sekali tidak terawat. Itu bagian atap kantor kan banyak yang sudah rusak sampai sekarang,” katanya.

 

Senada, sumber lainnya juga membenarkan hal tersebut. Dia mengaku bahwa kendaraannya tidak mendapat pemeliharaan selama tahun anggaran 2023.

 

“Ya, sepanjang tahun tidak ada anggaran pemeliharaan itu turun,” ujarnya.

 

Saat media ini mengonfirmasi persoalan ini kepada Bendahara Disdikbud Tebo, Rahman, ia menolak untuk dimintai keterangan.

BACA JUGA :  Serap Aspirasi Terkait Kamtibmas, Kapolres Tebo Jum'at Curhat Bersama Warga Simpang Lima Muara Tebo

 

“Saya enggak mau direkam,” kata Rahman, ditemui di ruang kerjanya pada, Selasa 28 Juni 2024.

 

Pantauan media juga melihat atap gedung Disdikbud Tebo bagian depan tampak tidak terawat. Di beberapa titik bagian gedung terlihat sudah berjamur. Plafon gedung juga tampak sudah bolong di beberapa bagian.

 

Dilihat dari Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Disdikbud Tebo tahun 2023, adapun jumlah anggaran pemeliharaan alat angkutan darat bermotor kendaraan bermotor beroda dua senilai Rp 297 juta. Lalu anggaran pemeliharaan alat angkutan darat bermotor kendaraan dinas bermotor perorangan senilai Rp 183 juta.

Share :

Baca Juga

Berita

Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo

Berita

Kasus Dugaan Penggelapan Dana Koperasi TSBU Bungo Belum Ada Kepastian Hukum GAB Peduli : “Meminta Pihak Yudikatif, Segera tuntaskan”

Berita

PUISI 1 Aku Terima Akad-Nya Oleh Alhendra Dy

Daerah

Drs, HR. ERWANSYAH, MM : Caleg DPRD Provinsi Jambi Dari Partai GERINDRA, Dapat Dukungan Dari Masyarakat Kota Jambi

Berita

PJ Bupati Varial Adhi Putra Cek Lokasi, Persiapan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Berita

Polres Tebo Tangkap Pelaku Kasus Pencabulan dan Persetubuhan Anak Tiri

Berita

AYAH KABUR, DUA BOCAH RAWAT IBU ODGJ

Tebo

Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi, MM menjadi Inpektur pada acara apel Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024