Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat IWO Tebo Beri Materi Sosialisasi Pilkada Yang Efektif Kepada PPK se Kabupaten Tebo

Home / Berita / Daerah / Kesehatan / Nasional

Selasa, 31 Oktober 2023 - 19:54 WIB

Bahaya Asap Rokok Pada Tumbuh Kembang Anak, Bisa Pengaruhi Psikologis

Ilustrasi Rokok

Ilustrasi Rokok

Infonegerijambi.com, – Paparan asap rokok tidak hanya berdampak buruk pada perokok aktif. Namun juga kelompok pasif, termasuk anak-anak.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) asap rokok mengandung sekitar 5.000 senyawa berbeda dan sebagian bersifat racun bagi tubuh. Paparan asap rokok dapat menyebabkan masalah serius bagi anak.

Vella Vella Rohmayani selaku Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Program Sarjana Terapan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya memaparkan jika asap rokok dapat menurunkan nafsu makan, gangguan penyerapan nutrisi, infeksi pernapasan, hingga dampak psikologis pada anak.

Dampak Paparan Asap Rokok pada Fisik Anak

Menurut Vella, penurunan nafsu makan akibat paparan asap rokok disebabkan oleh kadar nikotin yang terkandung pada asap rokok. Nikotin dapat merangsang penurunan nafsu makan pada anak-anak dan mempengaruhi asupan nutrisi, serta tumbuh kembang anak.

BACA JUGA :  Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi, MM menjadi Inpektur pada acara apel Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024

“Selain itu asap rokok juga mengandung karbon monoksida, yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan penyerapan nutrisi dalam tubuh anak. Hal ini dapat mengakibatkan defisiensi gizi,” jelasnya Selasa (31/10/2023).

Ia juga menjelaskan peningkatan risiko anak mengalami infeksi pernapasan akibat asap rokok, seperti bronkitis dan pneumonia.

“Saat anak sakit, akan sulit atau tidak mau makan, karena lidah terasa pahit sehingga asupan nutrisi yang diperlukan selama pemulihan menjadi terhambat,” katanya.

BACA JUGA :  Kapolda Jambi Ikuti Apel Kasatwil Tahun 2023 Di Jakarta

Tingkatkan Stres pada Anak

Vella menegaskan, kebiasaan anggota keluarga merokok di rumah dapat menyebabkan udara di lingkungan rumah menjadi tidak sehat. Paparan ini menyebabkan terjadinya stres psikologis pada anak.

Stres dapat mengganggu pola makan dan mengurangi nafsu makan. Berkurangnya nafsu makan dapat menghambat tumbuh kembang anak.

“Seluruh anggota keluarga di rumah serta masyarakat pada umumnya harus berupaya menciptakan lingkungan bebas asap rokok guna memastikan anak-anak tumbuh dengan sehat dan optimal,” pungkasnya.

Sumber detikNews

Share :

Baca Juga

Berita

Polisi Tebo Berhasil Ungkap Kasus Narkoba di Desa Simpang Babeko

Berita

Bunda Paud Desa se-Kabupaten Merangin Dikukuhkan, Pj Bupati : Semoga Dapat Bersinergi dan Berkolaborasi Dengan Pemdes

Bungo

32 Pejabat Administrator Eselon III, Hari Ini Dilantik Oleh Wakil Bupati Bungo

Berita

Berkah Ramadhan, Polsek Muara Tabir Berbagi Sembako

Berita

Terpeleset Saat mencari Rumput, Winanto Hanyut Terseret Arus Sungai

Berita

Ramah Anak, Masjid Agung Al Ittihad Tebo Jadi Favorit Warga Saat Ramadan

Berita

H Mukti Tinjau Stand Merangin di Pameran STQH XXVII

Berita

Di RSUD Sultan Thaha Saifuddin, Presiden Jokowi Tinjau Fasilitas Dan Pelayanan Kesehatan