Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat IWO Tebo Beri Materi Sosialisasi Pilkada Yang Efektif Kepada PPK se Kabupaten Tebo

Home / Kota Jambi

Jumat, 24 Februari 2023 - 11:32 WIB

Tak hanya Al – Kahfi,ini surat-surat yang di baca Rasulullah SAW di hari Jum’at

Ilustrasi surat - surat yang di baca Rasulullah SAW di hari Jum'at

Ilustrasi surat - surat yang di baca Rasulullah SAW di hari Jum'at

JAMBI – Rasulullah SAW menganjurkan dan mencontohkan untuk memperbanyak baca Al-Qur’an di hari Jumat. Bukan hanya surat Al-Kahfi saja, tetapi ada beberapa surat yang disunnahkan dibaca setiap Jumat.

Bagi umat muslim, hari Jumat adalah hari yang istimewa dan menjadi ladang pahala. Hari Jumat bisa disebut sebagai hari yang mustajab untuk berdoa, mendapat pahala berlipat ganda dalam beribadah, juga hari raya bagi umat muslim.

Oleh karenanya disunnahkan untuk berzikir, memakai pakaian bersih dan wewangian, berjalan menuju masjid, bersholawat, mendengarkan khotbah, dan juga membaca surat Al-Kahfi. Banyak umat muslim memanfaatkan hari Jumat untuk memaksimalkan diri dalam melakukan amal dan kebaikan.

Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam hadits berikut.

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: “Sebaik-baik hari yang disinari matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu, Nabi Adam AS diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya. Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat,” (HR At Tirmidzi).

Surat-Surat yang Dibaca Rasulullah pada Hari Jumat

1. Surat Al-Kahfi

Dalam surat Al-Kahfi ayat 47 dijelaskan dahsyatnya peristiwa kiamat yang akan dialami umat manusia dan seluruh makhluk hidup lainnya.

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ

Arab latin: Wa yauma nusayyirul-jibāla wa taral-arḍa bārizataw wa ḥasyarnāhum fa lam nugādir min-hum aḥadā

Artinya: “Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.”

Adapun melansir DetikEdu (23/02/203), menurut hadits, sunnah membaca surah Al-Kahfi juga mengandung keutamaan berupa ampunan dosa di antara dua Jumat bagi yang membacanya. Abdullah bin Umar RA berkata, Rasulullah SAW bersabda,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ “

Artinya: “Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR Abu Bakr bin Mardawaih).

BACA JUGA :  Dr. Maulana Hadiri Pengukuhan Dewan Masjid AR Rahman

2. Surat Al-Jumu’ah dan Surat Al-Munafiqun

Melansir NU Online (23/2/2023) Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in mengatakan bahwa terdapat beberapa surat yang dapat dibaca pada hari Jumat, khususnya saat sholat Jumat.

ويسن للحاضر في صلاته جمعة وعشائها سورة الجمعة والمنافقون أو {سَبِّحِ} [سورة الأعلى] {وَهَلْ أَتَاكَ} [سورة الغاشية] وفي صبحها أي الجمعة إذا اتسع الوقت {الم تَنْزِيلُ} [سورة السجدة] السجدة و {هَلْ أَتَى} [سورة الإنسان] وفي مغربها الكافرون والإخلاص ويسن قراءتهما في صبح الجمعة وغيرها للمسافر

Artinya, “Disunahkan bagi orang yang hadir (menetap) membaca surat Al-Jumu’ah dan Al-Munafiqun, atau surat Al-A’la dan surat Al-Ghasyiyah saat salat Jumat dan salat Isya hari Jumat.

Adapun firman Allah terkait keutamaan hari Jumat dan disyariatkannya sholat Jumat tertulis dalam Surat Al-Jumu’ah ayat 9:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ . فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ .

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

3. Surat As-Sajdah dan Al-Insan

Dianjurkan pula membaca surat As-Sajdah dan surat Al-Insan pada sholat Subuh dan membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas saat salat Maghrib di hari Jumat.

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ (الم تَنْزِيلُ) فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى وَفِى الثَّانِيَةِ هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا

Artinya: “Adalah Rasulullah SAW biasa membaca pada hari Jumat dalam salat fajar (subuh), surat As Sajdah (Alif lam miim tanziil) dan surat Al Insan (Hal ataa ‘alal insaani),” (HR Bukhari dan Muslim)

Dr. Raghib As-Sirjani dalam bukunya 354 Sunnah Nabi Sehari-Hari menulis alasan mengapa Rasulullah memilih dua surat ini daripada surat-surat lainnya, adalah belum diketahui secara jelas. Namun, jika berdasarkan tafsir dari dua surat tersebut yang menyebutkan penciptaan manusia, hari kiamat, dan masuk surga; seluruh perkara tersebut terjadi pada hari Jumat sebagaimana yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA :  Kepala SPN dan Dirintelkam Polda Jambi Berganti

“Sebaik-baik hari matahari terbit adalah hari Jumat, hari diciptakannya Adam Alaihissalam, dimasukkannya ke dalam surga, dikeluarkannya dari surga, dan tidak akan terjadi hari kiamat melainkan hari Jumat.” (Al Bukhari, Kitab Al Jumuah, Bab; Fadhl Yaum Al Jumuah (853). At Tirmidzi (488). An Nasa’i (1772). Ahmad (9196).

4. Surat Al-Ghasyiyah dan Al-A’la

Berdasarkan Bidayatul Mujtahid Wa Nihayatul Muqtashid: Jilid 1, Referensi Lengkap Fiqih Perbandingan Madzhab oleh Ibnu Rusyd, diriwayatkan oleh Imam Malik, sesungguhnya Dhahak bin Qais bertanya kepada Nu’man bin Basyir tentang surat apa yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW pada hari Jumat selain Surat Al Jumu’ah. Ia menjawab, “Beliau biasa membaca Surat Al Ghasyiyah.”

Lebih lanjut, Imam Malik menganjurkan untuk mengamalkan hadits tersebut tetapi jika yang dibaca ialah Surat Al A’la juga baik, karena ada riwayat Umar bin Abdul Aziz yang menerangkan tentang hal itu.

Selain itu, beliau membaca surat Al-A’la ketika pelaksanaan sholat Idul Fitri, Idul Adha, dan sholat Jumat. Sesuai dengan hadits berikut ini.

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْعِيدَيْنِ وَفِي الْجُمُعَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ وَالْجُمُعَةُ فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِي الصَّلَاتَيْنِ

Artinya: Dari Nu’man bin Basyir RA, dia berkata, “Pada dua hari raya dan salat Jumat, Rasulullah SAW membaca surat Al A’la dan surat Al Ghasyiyah. Jika hari raya dan salat Jumat bertemu dalam satu hari, beliau membaca dua surat tersebut dalam dua sholat itu.” (HR Muslim dan An Nasa’i).

5. Surat Yasin dan As-Saffat

Selain surat-surat yang disebutkan di atas, di hari Jumat Rasulullah SAW juga membaca surat Yasin dan juga As Saffat. Hal ini seperti yang diriwayatkan dalam hadits berikut.

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Siapa yang membaca Surat Yasin dan As Saffat pada hari Jumat lalu memohon kepada Allah SWT, niscaya Dia mengabulkan permohonannya,” (HR Abu Dawud).

Demikian beberapa surat-surat yang dibaca oleh Rasulullah SAW di hari Jumat berdasarkan Al-Qur’an dan hadits. Semoga bermanfaat. ( Sumber detikNews)

Share :

Baca Juga

Berita

Kabut Asap! PW IWO Jambi Bagikan 2 Ribu Masker

Berita

2.707 Orang Mendaftar Calon Anggota Polri di Polda Jambi

Daerah

Tindak Lanjut Angkutan Batu bara Tak Ikuti Aturan Dilaporkan Hingga ke Dirjen Minerba, Dirlantas Polda Jambi : 629 Angkutan Ditindak

Berita

Resmi Dibuka, Pengunjung Rasakan Keseruan di Timezone

Berita

Bripda M Hadirsya Fadli Anggota Satuan Brimob Polda Jambi yang Berhasil Memperoleh 10 Mendali Emas Taekwondo Kapolri Cup

Berita

Masyarakat Resah, Akibat Proyek Ini. Tak Kunjung Selesai ?

Berita

Danrem 042/Gapu Resmikan Kantor Koramil 419-05/Geragai

Berita

Putri Pinang Masak Park: Bekas Pasar Angso Duo Disulap Jadi Obyek Wisata Indah