Kadivhumas Polri Tegaskan Kepolisian dan Kejaksaan Agung Baik-Baik Saja Beredar Video Waka DPRD Tebo Lagi Bersenang-senang di Jakarta, Lambannya Proses Eksekusi oleh Kejari Tebo Disorot Wahana Gelam Oasis Semangkin Eksis Anak Bunuh Ibu Kandung, Polisi Dalami Motif Pelaku Jadwal Keberangkatan Dan Harga Tiket Kapal Roro Tujuan Tungkal – Batam Setiap Hari

Home / Berita / Kesehatan

Sabtu, 1 April 2023 - 21:05 WIB

Benarkah Kurma Harus Dicuci Dahulu Sebelum Dimakan? Ternyata Ini Faktanya

Ilustrasi Kurma

Ilustrasi Kurma

Info Sehat – BENARKAH kurma harus dicuci dahulu sebelum dimakan? Kurma merupakan salah satu buah asal Timur Tengah yang cukup sering dijumpai di Tanah Air.

Apalagi di bulan suci Ramadhan, ini semakin populer karena biasanya dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW.

Lantas, benarkah kurma harus dicuci dahulu sebelum dimakan? Pertanyaan ini tentu sering Anda dengar. Dilansir dari laman Crystal Dates, salah satu produsen dan pengekspor kurma terbesar di Iran ini menyarankan agar Anda mencuci buah kurma terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

BACA JUGA :  Tinggal HP dan Sendal di Perahu Said Diduga Tenggelam, Basarnas Jambi Lakukan Pencarian

Banyak orang yang beranggapan jika kurma tak perlu dicuci terlebih dahulu karena dari penampilannya sudah tampak bersih. Padahal, kurma sama halnya dengan buah-buahan yang lain.

Di mana dalam proses pemetikan dan pemilahan biasanya dilakukan dengan tangan yang kurang bersih. Tak hanya itu saja, buah kurma saat masih di pohon juga bisa terkontaminasi debu, kotoran burung, dan juga hama.

Karena itulah kurma kemungkinan menyerap debu dan terkontaminasi hal-hal lain termasuk pembungkus saat pengemasan. Di tambah biasanya kurma matang atau mentah yang dikemas secara terbuka maupun tertutup tidak dicuci terlebih dahulu sebelum diantarkan ke konsumen.

BACA JUGA :  Diduga Memalsukan Tanda Tangan, Sekdes Bangko Pintas Mengundurkan Diri

Sehingga Anda disarankan untuk mencucinya sebelum dikonsumsi agar lebih aman. Anda bisa mencuci kurma dengan menggunakan air panas. Dalam pencucian kurma yang perlu diperhatikan adalah mencuci kurma secukupnya sebelum dimakan.

Mengapa demikian? Karena setelah buah kurma mengalami proses pencucian disarannkan untuk tidak disimpan dalam waktu yang lama karena umur simpannya telah berkurang.

Tak hanya itu saja, jika kurma yang telah dicuci disimpan di dalam lemari es akan menyebabkan kurma mengalami perubahan tekstur dan rasa. Kurma bisa mengalammi proses fermentasi sehingga rasanya menjadi kurang enak dan beraroma tengik.

Sumber Okezone.com

Share :

Baca Juga

Berita

Gandeng IWO, UNJA Gelar Bimtek Jurnalistik

Batanghari

Aksi Pelaku Pencurian Dengan Kekerasan,Pelaku Lepaskan Tembakan 

Berita

Tim SAR Jambi evakuasi 150 KK korban banjir di Kabupaten Bungo

Berita

Komandan Korem 042/Gapu Pimpin Laporan Korps Perwira dan Pelantikan Kenaikan Pangkat Bintara dan Tamtama

Berita

Asri Tokoh Masyarakat Kecamatan VII Koto Dukung Afriansyah Maju Calon Bupati Tebo

Berita

Longsor Kembali Terjang Bungo, Tidak Ada Korban Jiwa

Berita

LPJ PJ Bupati Tebo triwulan ke-3 Di inspektorat jenderal Kemendagri

Berita

Tak Terima Di Putus, Pelaku Peras Dan Ancam Sebar Video Bugil Mantan Kekasih