Peserta BPJS Kesehatan di Tebo Jambi Keluhkan Pemindahan Faskes Secara Sepihak Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat

Home / Bungo / Daerah / Kejaksaan Negeri

Selasa, 4 Juli 2023 - 21:34 WIB

Kejaksaan Negeri Bungo Dan Dinas PMD Pemkab Bungo Berkerja Sama Melaksanakan Program ( Jaksa Jaga Desa )

Infonegerijambi.com, Muaro Bungo – dalam mengoptimalkan pencegahan Penyalahgunaan dalam penggunaan Dana Desa, Kejaksaan Negeri Muara Bungo giat dalam menggelar penyuluhan dan penerangan hukum serta sosialisasi jaga desa ( jaksa jaga desa ), giat jaga desa kembali digelar di Empat Kecamatan yaitu Kecamatan Pelepat Ilir,  Kecamatan Pelepat,  Kecamatan Rimbo Tengah dan Kecamatan Bathin ll Babeko, Kabupaten Bungo, Selasa (04/07/2023).

Kegiatan digelar yaitu di Aula Kantor Camat  Pelepat Ilir,  di Aula Kantor Pelepat, di Aula Kantor Camat Rimbo Tengah dan di Aula Kantor Camat Bathin ll Babeko hari ini (04/07) Pukul 14.00 wib yang mana acara tersebut di hadiri kepala dinas PMD Bungo, Para Camat, Sekcam dan Ketua APDESI Kabupaten Bungo juga seluruh Datuk Rio (Kepala Desa), di empat kecamatan.

Kepala Seksi Intelijen ( Kasi Intel ) Kejari Muaro Bungo ABEN BM, Situmorang, S.H., M.H, Sebagai Narasumber dan Pelaksana Kegiatan Penyuluhan dan Penerangan Hukum serta soliasasi Jaga Desa ( Jaksa Garda Desa ) dan didampingi Tim Penerangan Hukum Bidang Intelijen Kejari Muaro Bungo, memaparkan Program Jaga Desa ( Jaksa Garda Desa ) merupakan salah satu  Program Kejaksaan RI di Bidang Intelijen yang bertujuan untuk melakukan pencegahan khususnya dalam pengelolaan Dana Desa. Aben BM. Situmorang menjelaskan bahwa Program ini sudah ada sejak lama dan semoga apa yang di jelaskan nanti bisa dipahami dengan baik.

BACA JUGA :  Bripda M Hadirsya Fadli Anggota Satuan Brimob Polda Jambi yang Berhasil Memperoleh 10 Mendali Emas Taekwondo Kapolri Cup

Kasi Intel Kejari Muaro Bungo ini juga menyampaikan dalam pengelolaan Dana Desa setiap tahapnya mempunyai celah atau rawan penyimpangan maka oleh sebab itu untuk mengelola dana desa tersebut agar setiap tahapnya benar-benar dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

“Mulai dari tahap perencanaan saat Musrenbangdes, Penyusunan RAB hingga dalam bentuk APBDes, kemudian dalam tahap pelaksanaan kegiatan, tahap pembayaran atau pencairan anggaran kegiatan, Tahap pelaporan serta tahap pertanggungjawaban, semua mempunyai celah dan rawannya penyimpangan”. Beber Aben.

Menurutnya, “Penyimpangan yang dilakukan oleh Oknum Kepala Desa maupun Oknum dari Perangkatnya bisa saja ada unsur kesengajaan dan bisa juga tidak sengaja atau tidak punya niat melakukan penyimpangan, namun kurangnya pemahaman dalam pengelolaan Dana Desa dapat menyebabkan terjadinya suatu kesalahan hingga akibat kesalahan tersebut menjadi kerugian Negara”. ujarnya.

BACA JUGA :  Dianiaya Di Tempat Karaoke, Seorang Pemandu Lagu di Rimbo Bujang Di larikan ke Puskesmas

Dan oleh karena itu kejaksaan hadir mencegah hal tersebut, ‘Jaksa Garda Desa hadir untuk melakukan  pengawasan serta memberikan pendampingan dan membuka ruang konsultasi kepada seluruh kepala desa serta perangkatnya”. Tambahnya.

Dalam puncak acara tersebut, seluruh Yang hadir, para Camat dan Kepala Dinas PMD memberikan Apresiasi terhadap kegiatan tersebut, dimana bentuk pencegahan ini sangat penting dan berharap kepada pihak Kejaksaan dalam hal ini Kejaksaan Negeri Muaro Bungo tetap mendampingi kegiatan-kegiatan di setiap Desa yang ada di Kabupaten Bungo ini.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Forkopimcam di Empat Kecamatan, Danramil, Kapolsek, para Datuk Rio (Kades).

Pewarta : Zainal Arifin ( Khefin )

Share :

Baca Juga

Bungo

Kecelakaaan Lalu Lintas Saat Arus Mudik Lebaran 1 Orang Tewas Di Jalan Lintas Sumatera Kabupaten Bungo

Berita

Pj Bupati Pimpin Apel Kebangsaan dan Deklarasi Damai

Berita

Berikan Bantuan Kepada Warga Terdampak Banjir, Kapolsek Tengah Ilir Himbau Masyarakat Tetap Hati – Hati di Tengah Bencana Banjir

Berita

Syahrial Owner Portaltebo Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua IWO Tebo

Berita

Danrem 042/Gapu Gandeng Pengusaha Lokal Salurkan Program CSR Untuk Pendidikan Anak Yatim di Tanjab Barat

Daerah

Peti Pelepat Dilaporkan Ke Polda Jambi Oleh Hendra Di Dampingi Ormas PSI DPC Bungo

Berita

Kapolda Jambi Persiapkan Penyelenggaraan Operasi Ketupat 2023

Berita

Dua Pelaku Pencurian Motor Dinas Desa Jati Emas Ditangkap Polisi