Peserta BPJS Kesehatan di Tebo Jambi Keluhkan Pemindahan Faskes Secara Sepihak Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat

Home / Berita / Daerah / Kota Jambi / Pariwisata

Minggu, 19 Maret 2023 - 10:31 WIB

Putri Pinang Masak Park: Bekas Pasar Angso Duo Disulap Jadi Obyek Wisata Indah

Angsa Berlapis Emas

Angsa Berlapis Emas

KOTA JAMBI – Kota Jambi memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) baru yang bernama Putri Pinang Masak Park lokasinya berdekatan dengan pasar angso duo. Berikut 6 fakta menarik tentang Putri Pinang Masak Park ini;

1. Bekas area pasar

Dulunya, area ini merupakan bekas pasar angso duo, namun kini sudah di alih fungsikan menjadi taman yang indah mempesona. Meskipun belum diresmikan pemerintah, namun masyarakat sudah banyak mendatangi area ini karena penasaran melihat taman yang berdekatan dengan salah satu mall di Kota Jambi.

2. Musala berbentuk ka’bah

Putri Pinang Masak memiliki musala yang berwarna hitam putih dan persis menyerupai motif ka’bah. Musala ini juga dilengkapi dengan fasilitas toilet dan juga tempat berwudhu sehingga pengunjung dapat melaksanakan ibadah ditempat ini.

BACA JUGA :  Tim SAR Jambi evakuasi 150 KK korban banjir di Kabupaten Bungo

3. Pinggir sungai Batanghari

Area taman ini berada di pinggir sungai Batanghari yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Pengunjung dapat berjalan menuju bibir sungai dan melihat perahu masyarakat hilir mudik menyusuri sungai Batanghari.

4. Terlihat menara Gentala Arasy

Dari area Putri Pinang Masak ini, terlihat jelas jembatan dan menara gentala arasy yang juga merupakan salah satu icon Jambi. Gentala arasy berada di Jambi Kota seberang, bagi pengunjung yang ingin ke sana dapat menyeberangi jembatan yang berbentuk huruf “S” yang tak jauh dari lokasi Putri Pinang Masa Park.

5. Angsa berlapis emas

Bagian depan taman berdiri dengan gagah dua ekor angsa yang mengepakkan sayapnya dengan berwarna keemasan. Angsa ini di Jambi dikenal dengan nama angso, yang merupakan simbol dari Jambi. Konon, sepasang angsa ini diyakini memimpin Puteri Mayang Mangurai dan Orang Kayo Hitam mencari tempat tinggal atau dikenal dengan istilah membuka negara baru. Daerah baru itu yang sekarang dikenal sebagai Kota Jambi.

BACA JUGA :  Dua Rumah Panti Jompo Desa Bedaro Ludes Di Lalap Si Jago Merah

6. Skate Park

Betapa bangganya anak muda Kota Jambi, karena di area ini juga dilengkapi dengan fasilitas skate park. Pemuda dapat bermain skateboard maupun sepeda BMX di area ini dengan landasan yang memang diperuntukkan sebagai sarana olahraga.

Putri Pinang Masak Park ini menambah daftar wisata yang patut di kunjungi wisatawan jika melancong ke Kota Jambi sembari menikmati aliran sungai Batanghari.

Sumber Kenali.co.id

Share :

Baca Juga

Bungo

Deslinda Warga Bungo Dipenjara, Dugaan Kasus Pelanggaran Hak Cipta

Tanjab Barat

Habib Luthfi Hadiri Maulid Akbar Harlah 1 Abad NU di Ponpes Sholeh Al-Mubarok Gemuruh

Berita

Anniversary ke- l Perintis Makmur Dan Peringatan Hari Ibu ke-95 th, Dengan Tajuk,” Terciptanya Desa Baru Yang Bersih, Sejahtera Dan Aman Dengan Tetap Mempertahankan Budaya,”

Berita

Satreskrim Polres Tebo Bergerak Cepat: Pelaku KDRT Diamankan Setelah Laporan dari Korban

Berita

Danrem 042/Gapu Gandeng Pengusaha Lokal Salurkan Program CSR Untuk Pendidikan Anak Yatim di Tanjab Barat

Berita

Polres Merangin Berhasil Ungkap Kasus Kematian PSW (19) Dan Berhasil Meringkus Pelaku Di Kalimantan Selatan

Batanghari

Breaking news, Lima orang masyarakat keroyok empat orang Wartawan di maro sebo ulu

Berita

Kabut Asap! PW IWO Jambi Bagikan 2 Ribu Masker