PJ Bupati Varial Terima Sertifikat Eleminasi Malari dari Wamenkes RI Warnai Aku Tuhan Oleh alhendra dy Datuk Rio Desa Teluk Pandak Tanah Sepenggal Diduga Lepas Dari Pemeriksaan Inspektorat, Ada Apa? Lemahnya Pengawasan Inspektorat Tebo Menjadi Pemicu Kades Sapta Mulia Diduga Tak Setorkan PADes ke Rekening Desa Aspan Hattrick, balas pukulan ARB tapi Yopi Muthalib yang “Tekangkang”

Home / Tebo

Sabtu, 4 Maret 2023 - 10:05 WIB

Ini lho Sejarah Kabupaten Tebo..!!!

Perkantoran Bupati Tebo

Perkantoran Bupati Tebo

Infonegerijambi.com TEBO – Kabupaten Tebo telah berdiri selama 14 tahun. Namun bisa jadi belum banyak yang mengenal betul sejarah berdirinya kabupaten ini. Dikutip dari berbagai sumber, inilah sejarah Tebo.

Dulunya Tebo merupakan bagian dari Kabupaten Bungo Tebo. Sebuah kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Merangin. Sejarah Tebo pun dimulai Surat Gubernur Kepala Daerah (KDH) Tingkat I Jambi Nomor 135/2465/Pem Tahun 1999 tentang program Rencana Pemekaran Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II.

Surat ini ditindaklanjuti Bupati Bungo Tebo, H Sofian Ali. Ia menerbitkan SK Bupati KHD Tingkat II Bungo Tebo Nomor 669 Tahun 1999 tentang Tim Pelaksanaan Penerapan Pembentukan Daerah Tingkat II Kabupaten Bungo Tebo. DPRD Tingkat II Bungo Tebo juga menelorkan dukungan dalam surat bernomor nomor 170/271/1999 tanggal 21 Mei 1999.

Sebagai caretaker Bupati Tebo, Madjid Mu’az (MM) dilantik oleh Mendagri ad interim di Jakarta. Pengantar tugas MM digelar pada 12 Oktober 1999 oleh Wakil Gubernur Hasim Kalimudin Syam. Acara yang digelar di kantor Camat Muara Tebo ini menjadi awal masa caretaker MM hingga 24 Mei 2001.

BACA JUGA :  Anak Bunuh Ibu Kandung, Polisi Dalami Motif Pelaku

Pada 16 Desember 2000, bedasarkan SK Gubernur Jambi nomor 483 tahun 2000, 30 anggota DPRD Tebo dilantik. Pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua PN Muara Bungo, Sjofian Muchammad, SH.

DPRD Tebo kemudian menggelar sidang pleno pada 9 Mei 2001. Pada sidang ini MM dan Helmi Abdullah dipilih sebagai Bupati dan Wabup Tebo periode 2001-2006. Keduanya dilantik Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin 12 hari berselang, yakni pada 25 Mei 2001.

MM menjadi orang nomor satu di Tebo selama dua periode. Sesuai UU nomor 32 tahun 2004 tentang Pemda, MM terpilih lagi sebagai bupati pada pilkada langsung yang digelar pertama kalinya di Tebo pada 25 April 2006.

Pilkada ini terbilang berjalan sukses, dimana 83,45 persen pemilik suara memberikan hak pilihnya. MM yang berpasangan dengan Sukandar meraih 47,50 pesen suara. Mereka sukses mengalahkan tiga pasangan calon lainnya. MM-Sukandar pun dilantik lagi oleh Zulkifli Nurdin pada 12 Juni 2006 di aula kantor DPRD Tebo untuk periode 2006-2011.

MM yang sudah menjabat dua periode tak lagi bisa bersaing menjadi calon bupati. Giliran Sukandar yang kali ini menjadi incumbent di Pilkada Tebo. Sebuah pilkada yang cukup fenomenal karena diulang berdasar keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

BACA JUGA :  Kasus Kematian Santri Di Ponpes Tebo mendapat Simpati Hotman Paris Setelah Viral di sosmed

Selama proses pilkada, gubernur menunjuk Haviz Husaini sebagai pejabat Bupati Tebo. Yakni dalam rentang 20 Juni 2011 hingga 27 Agustus 2011. Pengangkatan Havis berdasakr SK Mendagri nomor 131.15-471 tahun 2011 tertanggal 16 Juni 2011, yakni untuk mengisi kekosongan pemerintahan. Ia menggantikan H Abdullah SH yang sbelumnya Pelaksana Harian (Plh) Bupati Tebo.

Pilkada Tebo periode 2011-2016 digelar 10 Maret 2011 yang diikuti tiga pasangan. Yakni Sukandar-Hamdi, Ridhan Priskap–Eko Putra, dan Yopi Muthalib-Sri Sapto Edi. Yopi-Sapto memenangkan pilkada putaran pertama dengan selisih 2.000an suara, namun kemenangannya dianulir MK yang sidangnya dipimpin Akil Mochtar.

Keputusan MK: pemilukada Tebo diulang total. Pada putaran kedua ini Sukandar-Hamdi yang keluar sebagai juara. Merekapun dilantik oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus di gedung DPRD Tebo pada 27 Agustus 2011.

 (TribunJambi.com)

Share :

Baca Juga

Daerah

TPPS Tebo Hadiri Pra PK Stunting Di Jambi

Daerah

H. Aspan Dampingi Wagub Abdullah Sani Kunjungan ke Teluk Rendah Ilir

Berita

Polsek Rimbo Bujang Backup Polsek Sitiung 1 Koto Agung Tangkap Pelaku Pencurian Sapi

Berita

Aliansi Mahasiswa Dan Masyarakat Anti Korupsi Melakukan Aksi Demo Di Kejaksaan Negeri Tebo

Berita

Terpeleset Saat mencari Rumput, Winanto Hanyut Terseret Arus Sungai

Berita

Pj. Bupati Aspan Cek Warga Terdampak Angin Puting Beliung Di Sungai Rambai

Tebo

Harga Karet di Kabupaten Tebo Kian Merosot, Ekonomi Makin Sulit

Berita

Manager PLN ULP Rimbo Bujang Ungkap Modus Pencurian Listrik yang Kadang Tak Disadari Pemilik Rumah