Peserta BPJS Kesehatan di Tebo Jambi Keluhkan Pemindahan Faskes Secara Sepihak Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat

Home / Berita / Kesehatan

Minggu, 16 April 2023 - 11:21 WIB

Manfaat Berbuka Puasa Dengan Buah Kurma

Info Sehat – Rasulullah SAW menganjurkan untuk buka puasa dengan kurma. Nabi Muhammad SAW mengajarkan, bahwa setiap orang disunnahkan membatalkan ibadah puasanya dengan makan kurma dan minum air. Dibalik anjuran tersebut, ternyata kurma menyimpan sederet manfaat baik untuk kesehatan apabila buah ini dikonsumsi dengan cermat.

Buah kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Dilansir dari buku Health Secret Of Dates (2013) oleh Pangkalan Ide, kurma mengandung vitamin A dan B, zat besi, asam nikotinat, tiamin, niasin, kalium, potasium, magnesium dan kalsium.

Berikut deretan manfaat mengkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa :

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kurma dalam menjaga kesehatan jantung diperoleh dari kandungan magnesium dan kalium. Kedua zat tersebut mampu menjaga tekanan darah normal dalam tubuh. Kandungan serat pada kurma pun turut berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi salah satu pemicu penyakit jantung.

Maka dari itu, anda bisa mulai mengonsumsi kurma secara rutin setidaknya dua kali seminggu untuk memelihara kesehatan jantung

Sumber Energi yang Baik

Setelah berpuasa sehari penuh, tubuh akan terasa lelah dan capek, terlebih dengan aktivitas yang terbilang padat. Siapa sangka, berdasarkan studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menyebutkan bahwa mengkonsumsi kurma bisa membantu kamu mendapatkan kembali energi yang telah hilang selama beraktivitas.

BACA JUGA :  Nekat Emak-Emak Di Batang Bungo Tambal Jalan Yang Rusak Dan Berlobang

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kurma merupakan makanan dengan kandungan jenis serat tidak larut yang dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Selain itu, ada pula manfaat kurma untuk lambung yaitu membantu memelihara mukosa lambung ketika anda sedang berpuasa. Terlebih buah ini memiliki sifat anti-radang yang dapat menjaga lambung tetap sehat selama berpuasa.

Meringankan Anemia

Selain kaya akan gula dan serat alami, kurma juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Namun, komponennya yang paling terkenal, yang bermanfaat bagi pengidap anemia adalah zat besi. Sajian kurma 100 gram mengandung sekitar 1 gram zat besi. Juga kaya akan tembaga, yang penting untuk produksi sel darah merah, dosis kurma setiap hari akan membuat memberikan tambahan asupan zat besi di dalam tubuh, dan membuatmu terlindung dari anemia.

BACA JUGA :  Benarkah Kurma Harus Dicuci Dahulu Sebelum Dimakan? Ternyata Ini Faktanya

Mengkonsumsi Kurma Dapat Membantu Meningkatkan Fungsi Otak.

Sebuah studi laboratorium telah menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi seperti interleukin 6 (IL-6) di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi juga dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan telah menunjukkan kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak. Ketika plak menumpuk di otak, plak tersebut dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit alzheimer.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa tikus yang diberi makan makanan yang dicampur dengan kurma memiliki daya ingat dan kemampuan belajar yang jauh lebih baik, serta berkurangnya risiko kecemasan.

Potensi sifat-sifat kurma yang meningkatkan kesehatan otak juga telah dikaitkan dengan kandungan antioksida yang diketahui mengurangi peradangan, termasuk flavonoid.

Kendati demikian, penelitian pada manusia masih diperlukan untuk mengonfirmasi peran kurma dalam kesehatan otak.

Share :

Baca Juga

Berita

Pengurus Masjid An-Nur Parit Deli Ucapkan Terima Kasih Bantuan CSR PT. WKS Distrik ll

Berita

Pj. Bupati Aspan Merotasi Eselon III

Berita

Masyarakat Semangkin Resah, “Akibat ulu penambang batu bara ilegal” Masih beraktivitas

Berita

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Bahar Melaksanakan Pengamanan di Gereja GKPI

Berita

PSSI Upayakan Ivar Jenner Bisa Main di Indonesia vs Australia

Berita

Apel Gelar Pasukan OPS Kepolisian Terpusat dalam rangka Pangamana Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Berita

Serunya Panjat Pinang Anak – Anak di Perumahan Tebo Makmur Dalam Memperingati HUT Ke-78 Republik Indonesia

Berita

BREAKING NEWS, GEGER, PENEMUAN MAYAT PARUH BAYA DIMERANGIN