Kadivhumas Polri Tegaskan Kepolisian dan Kejaksaan Agung Baik-Baik Saja Beredar Video Waka DPRD Tebo Lagi Bersenang-senang di Jakarta, Lambannya Proses Eksekusi oleh Kejari Tebo Disorot Wahana Gelam Oasis Semangkin Eksis Anak Bunuh Ibu Kandung, Polisi Dalami Motif Pelaku Jadwal Keberangkatan Dan Harga Tiket Kapal Roro Tujuan Tungkal – Batam Setiap Hari

Home / Berita / Islami

Kamis, 23 Maret 2023 - 00:09 WIB

6 Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Ramadan yang Perlu Diketahui

Ilustrasi umat muslim melaksanakan sholat Tarawih

Ilustrasi umat muslim melaksanakan sholat Tarawih

JAMBI – Keutamaan 10 hari pertama puasa ramadan perlu diketahui oleh seluruh umat Islam. Sebab, di 10 hari pertama puasa tubuh sedang mencoba beradaptasi dengan kondisi baru yang mana harus menahan rasa lapar dan haus dari adzan subuh hingga terbenamnya matahari.

Pasalnya, di 10 hari pertama puasa Ramadan seluruh keberkahan dan pahala akan diberikan dan dicatat dalam jumlah yang berlipat ganda tetapi tetap harus diimbangi dengan melakukan amalan-amalan seperti tadarus Qur’an, bersedekah, sholat sunnah, sholawat, dan amalan lainnya. Jika, Anda melakukan amalan tersebut niscaya Allah SWT akan membalas berkali-kalipat hal tersebut.

Dikutip dari islam.nu.or.id, banyak keutamaan yang bisa Anda dapatkan di 10 hari pertama puasa seperti doa banyak dikabulkan, bulan yang penuh rahmat, dan lain sebagainya. Di 10 hari pertama puasa juga merupakan awal bulan yang rahmat sesuai dengan sabda Rasulullah, 10 hari pertengahan adalah Maghfirah, dan 10 hari terakhir adalah pembebasan dari api neraka (Itqun Minan Nar).

Adapun di bawah ini 6 keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadan yang telah dilansir dari Nu online dan sumber lain:

1. Waktu yang Paling Tepat Untuk Berdoa 

Keutamaan pertama adalah waktu yang paling tepat untuk berdoa. Ada waktu-waktu yang tepat untuk Anda melantunkan doa-doa Anda yaitu di waktu adzan berkumandang, di waktu berpuasa, di saat waktu sahur, dan di malam Lailatul Qadar. Anda bisa panjatkan doa-doa berbeda setiap harinya bisa dimulai dari 10 hari pertama puasa ramadan dan lihatlah bagaimana Allah SWT mengabulkan doa-doa Anda.

BACA JUGA :  Basarnas Jambi Raih Juara Harapan 1 Lomba URBAN SAR Challenge 2023

2. Pintu Rahmat Terbuka Lebar

Keutamaan kedua adalah pintu rahmat terbuka lebar. Pasalnya di bulan ramadan, pintu rahmat akan terbuka lebar yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat muslim untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala dan ibadah sebanyak-banyaknya. Setiap kebaikan yang dilakukan di bulan ramadan pahalanya akan dilipatkan gandakan oleh Allah SWT.

3. Waktu yang Tepat Untuk Minta Ampun Oleh Allah SWT

Selain sebagai bulan yang tepat untuk berdoa, di bulan ramadan juga menjadi bulan yang tepat untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Di bulan ini, Allah SWT membukakan pintu pengampunan dan pertaubatan seluruh umatnya selebar-lebarnya. Hal ini sesuai dengan lansiran dari dompet dhuafa

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Dapat Memperbanyak Amal dan Ibadah

BACA JUGA :  Langgar Perda Sepadan Jalan, Gema Tipikor Minta Pemkab Bongkar RKB dan Pagar TK Pertiwi Pulau Temiang

Keutamaan selanjutnya untuk 10 hari pertama puasa yaitu dapat memperbanyak amal dan ibadah. Sebisa mungkin, 10 hari pertama puasa Anda melakukan banyak hal positif seperti salat sunnah, salat witir, berdzikir, membaca Alqur’an, dan hal-hal lainnya. Lakukan secara rutin selama 10 hari pertama agar pahalanya banyak dan berkah.

5. Bulan Penuh Berkah dan Keberuntungan

Selanjutnya di bulan ramadan adalah bulan penuh berkah dan keberuntungan. Yang mana di awal puasa Anda akan mendapatkan keberkahan dan keberuntungan yang meliputi perlindungan dari Allah SWT dan mendapatkan limpahan rezeki yang tak terduga dari Allah SWT.

6. Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT Melalui Alquran

Di bulan puasa Ramadan, keutamaan 10 hari pertama puasa adalah lebih bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini dikarenakan sebaik-baiknya kegiatan yang dilakukan selama bulan ramadan adalah membaca Alquran. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT di bawah ini:

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Quran. Tadarus Alquran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadan.” (QS. Al Baqarah ayat 185).

( Red )

Share :

Baca Juga

Berita

Ridwan Warga Puri Kembar Ditikam OTK Hingga Tewas

Berita

Gadai SK Palsu, Seorang Oknum PNS Di Merangin Dan 3 Warga Asal Sarolangun Ditahan Polisi

Berita

Andre Cahya Putra S.M Caleg dari Partai Nasdem Serahkan Bantuan Kepada Korban Musibah Banjir

Berita

Polres Merangin Dan Bawaslu Merangin Perkuat Sinergitas Jelang Pemilu 2024

Berita

Catat! Begini Sejarah dan Asal-usul Penamaan Jambi

Berita

Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Diknas Tebo 2023 Diduga Syarat Penyimpangan,DPC GMNI Jambi Akan Gelar Aksi Didepan Kejaksaan Tinggi Jambi

Berita

Gleison Bremer Dibidik MU, Juventus Siapkan Pengganti

Berita

Korlantas Polri Luncurkan Program Baru, Pemakai Motor dan Mobil Harap ke Samsat, Simak!