Razia Gabungan, Puluhan Rakit PETI Di Dekat Bandara Muaro Bungo Dimusnahkan Mabes Polri Tindaklanjuti Laporan Identitas Palsu Mantan PJ Bupati Tebo LSM Mappan Bakal Laporkan Kejari Tebo ke Kejagung, Ini Masalahnya Afriansyah Kirim Saksi Dari PD Aman Perkara Konflik PT APN Dengan Masyarakat IWO Tebo Beri Materi Sosialisasi Pilkada Yang Efektif Kepada PPK se Kabupaten Tebo

Home / Berita / Islami

Senin, 27 Maret 2023 - 22:47 WIB

Sudah Laksanakan Salat Witir, Apakah Masih Bisa Tahajud? Ini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat

Salat witir dapat diartikan beberapa makna berbeda mulai dari bahasa hingga penafsiran daripada alim ulama atau periwayat hadits.

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa witir jika diartikan secara bahasa maka bermakna suatu hal yang ganjil. Di mana seperti diketahui bahwa Allah itu tunggal, ganjil dan menyukai yang ganjil.

Di sisi lain jika dibawa ke konteks ibadah para ulama membawa witir ini dengan dua pendekatan berdasarkan teks hadist yang sampai pada umat saat ini. Pendekatan yang pertama adalah pendekatan yang disepakati, witir adalah penutup dari solat yang ditunaikan.

“Jadi kalau sudah witir malam kita menutup, solat yang ditunaikan terakhir menutup rangkaian solat yang ditunaikan,” ujar ustadz Adi dikutip dalam Akun YouTubenya, Minggu (26/3/2023).

BACA JUGA :  Usai Gasak Rokok Dengan Nilai Puluhan Juta Rupiah, Seorang Pelaku Tak Berkutik Saat Diringkus Unit Reskrim Polsek Sungai Manau

Ustadz Adi mencontohkan seperti seseorang pada saat ramadhan setelah menunaikan salat tarawih dia witir, dalam pemahaman pertama maka sudah tidak ada solat lagi karena sudah ditutup solatnya selesai maka malam diisi dengan tilawah dengan dzikir karena sudah selesai solatnya dengan witir.

“Maka orang-orang yang memahami seperti ini supaya dia bisa sholat lagi dia enggak witir dulu, dia tunaikan tarawihnya witirnya diakhirkan, supaya dia punya kesempatan di malam harinya untuk solat lagi dan dia tutup dengan menggunakan witir, jadi malam dia bisa tahajud dan witirnya di akhirnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Heboh..!! Warga Bajubang Meninggal Dunia Saat Mancing Di KM 39 Mestong

Pemahaman kedua yang dimaksudkan witir adalah penutup rangkaian solat yang sebelumnya, namun bisa dibuka kembali.

“Tapi dia bisa membuka kembali, jadi menutup yang sebelumnya dan membuka yang baru, jadi bukan berarti menutup segalanya. Satu kali Nabi Muhammad SAW sudah witir dan setelah witir dia menduga adzan akan berkumandang, tapi ternyata setelah dilihat masih ada jeda jadi beliau kemudian solat lagi, begitu solat kembali dua rakaat adzan berkumandang maka setelah itu selesai beliau tunggu bilal selesai adzan dia kemudian solat sunah dua rakaat sebelum subuh,” ucapnya.

Sumber Warta ekonomi

Share :

Baca Juga

Berita

Muhammad fauzan ilham Warga Bungo di laporkan Ke Polisi

Berita

Hari Pers Nasional,Dedi Handika,S.sos Harap Pers Lawan Ujaran Kebencian

Berita

PJ Bupati Merangin Laporkan Kondisi Banjir Ke Deputi BNPB Pusat

Berita

Pemerintah Desa Bedeng 8 Bagikan BLT Tahap Ketiga

Berita

Cuaca extrem Memporak Porandakan Atap Rumah Warga Beterbangan di Bawa Angin

Berita

Akhirnya Proses Lidik Dugaan Penyelewengan Dana Desa Oleh Kades Pagar Puding Lama Tebo Naik Ke Tahap Sidik

Berita

Gerak Cepat : Satreskrim Polres Tebo dan Polsek Tengah Ilir Tangkap Pelaku Penganiayaan

Berita

Ratusan Warga Desa Punti Kalo Tebo Protes Tanah yang Dipatok TNI